Mendorong Partisipasi Politik : Pentingnya Pemilu Dalam Pengembangan Pemilih Pemula Yang Aktif

Main Article Content

Aida Fitriana Awaliah
Fitri Rahmawati
Jawi Fadilah
Lisda
Muhammad Nafis Judatama
Robby Firliandoko

Abstract

Hak suara adalah pilar utama dalam sistem demokrasi yang diberikan kepada warga negara, termasuk pemilih pemula, kemampuan untuk berapartisipasi dalam proses pengambilan keputusan yang penting bagi negara adalah salah satu implementasi nyata dari proses demokrasi. Tujuan dilaksanakan sosialiasai dan edukasi politik ini yaitu untuk memfasilitasi generasi muda untuk dapat belajar mengenai proses dan praktik pemilihan umum sehingga generasi muda akan sadar tentang pentingnya menggunakan hak suara bagi pemilih pemula. Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Politik ini dilakukan melalui sosialisasi, simulasi mencoblos dan Forum Grup Discussion (FGD) pada SMK Al-Muttaqien. Melalui kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Politik ini dapat disimpulkan bahwa generasi muda khususnya siswa SMK Al-Muttaqien dapat mempraktikan pencoblosan pemilihan umum, memahami tentang pentingnya menggunakan hak suara bagi pemilih pemula dan siap ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum 2024.

Article Details

How to Cite
Awaliah, A. F. ., Fitri Rahmawati, Jawi Fadilah, Lisda, Judatama, M. N. ., & Robby Firliandoko. (2023). Mendorong Partisipasi Politik : Pentingnya Pemilu Dalam Pengembangan Pemilih Pemula Yang Aktif. Karimah Tauhid, 2(4), 1087–1092. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9966
Section
Articles

References

Alamsyah. (2023). Edukasi Pemilih Muda Dalam Pilkada Di Ogan Ilir Sumatera Selatan. As-sidanah, 202-222.

Anthonius, S. P. (2012). Studi Ilmu Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lestari, E. Y. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Walikota Semarang Di Kota Semarang. Integralistik, 63-72.

Oleyver, J. D. (2023). Sosialisasi Politik Bagi Pemilih Pemula Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Ruang Komunitas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9-13.

Wardhani, P. S. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 57-62.

Most read articles by the same author(s)