Pengaruh E-commerce Shopee Terhadap Kepercayaan Konsumen

Main Article Content

Qori Aliffiani Qori
Dewi Rahayu Islamiati
Siti Salwa Maulidina
Siti Nurul Hikmah
Nenden Fitriah
Feni Trihidayani
Muhamad Azhari
Muhammad Badri
Robby Firliandoko

Abstract

E-commerce berkembang semakin membaik mendorong banyak perusahaan aplikasi belanja online yang ikut meramaikan industri ini, sebagai contoh aplikasi belanja online shopee. Shopee merupakan aplikasi atau situs E-commerce dalam bentuk perdagangan seperti jual beli, pemasaran barang dan jasa, maupun transaksi secara online. Shopee merupakan salah satu platform E-commerce harus selalu melakukan inovasi, pembaruan dan meningkatkan layanannya agar dapat bersaing dengan platform E-commerce lain untuk mencapai target pasar. Shopee adalah media E-commerce yang mudah digunakan. Masyarakat mengenal sistem jual beli secara online, maka dari ini diketahui bahwa tingkat penggunaan layanan jual beli online memang semakin meningkat dan beranekaraga. Shopee termasuk penyedia kebutuhan terlengkap. Shopee terbilang cukup lengkap, minat beli konsumen dipengaruhi dengan fitur-fitur yang terdapat dalam shopee fitur transaksi dan pembayaran dalam aplikasi atau situs shopee terbilang cukup lengkap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh E-commerce shopee terhadap target pasar konsumen dan faktor pendorong meningkatnya pembeli dalam aplikasi shopee. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melakukan penelitian pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut untuk menemukan kejadian – kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis. Mayoritas dari responden mengetahui bahwa media e-commerce shopee ini merupakan salah satu media penjualan online yang populer dan banyak dikenal oleh responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden menjawab bahwa adanya E-commerce Shopee sangat terpengaruh, karena shopee menyediakan berbagai macam layanan dan juga fitur, diantaranya seperti kebutuhan rumah tangga karena secara online, bertransaksi melalui shopee, Cash on delivery (COD), fitur gratis ongkos kirim, dan pinjaman uang secara online dengan melalui shopeepay Later.


 


Kata kunci: E-commerce , Shopee, Kepercayaan Konsumen

Article Details

How to Cite
Qori, Q. A., Dewi Rahayu Islamiati, Siti Salwa Maulidina, Siti Nurul Hikmah, Nenden Fitriah, Feni Trihidayani, Muhamad Azhari, Muhammad Badri, & Robby Firliandoko. (2023). Pengaruh E-commerce Shopee Terhadap Kepercayaan Konsumen. Karimah Tauhid, 2(4), 930–941. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8268
Section
Articles

References

Afrianto, A. P., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS 3 (1), 10-29.

Andika , M., Masitoh, S., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee Sebagai Marketplace Belanja Online. Journal Of Education And Techonlogy, 25-29.

Andika, M., Masithoh , S., Kholid, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee Sebagai Marketplace Belanja Online Yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal Of Education and Technology, 24-29.

Dewi , S. N., & Haryanto, A. T. (2021). Peran Tampilan Produk, Keamanan dan Kemudahan Pada Keputusan Bertransaksi Menggunakan Jasa Pengiriman Shopee. Jurnal Bisnis Terapan, 5 Nomor 1, 101-114.

Dewi , S. W., Utami, B. O., & Musafa. (2019). Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna E-commerce Shopee Pada Fitur COD (Cash On Delivery). Jurnal Sain Manajemen, 3 Nomor 2, 55-63.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). PENGARUH ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MOJOKERTO. Jurnal Manajemen, 6 Nomor 1, 31-42.

Japriyanto , E., & Adelia, S. (2020, April). Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-commerce Shopee. Jurnala Manajemen Pemasaran, 14 Nomor 1, 35-43.

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembeliat Gedget di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maratha, 18 Nomor 1, 31-40.

Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 67-74.

Putri, A. R., & Susanti, A. (2022). PENGARUH E-COMMERCE, SOSIAL MEDIA, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI BELANJA SHOPEE. Riset Manajemen Sains Indonesia, 13 No. 2.

Rahmizal, M., & Yuvendri, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembeli Daring di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 4 Nomor 3, 403-416.

Shafa, P. M., & Haryanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Berbalanja Online Melalui Aplikasi Shopee. 1-18.

Shevany, M. (2018). ANALISIS STRATEGI MEMBANGUN BRAND AWARENESS E-COMMERCE SHOPEE DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1 Nomor 1, 1-10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Themba, O. S. (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 5 Nomor 3, 925-932.

Wahyuni, A., Handoko, T., & Widodo, Z. D. (2022). Pengaruh Minat Beli Masyarakat Terhadap Diskon Shopee, Kualitas Produk Dan Harga Bagi Pengguna Shopee. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9 Nomor 4, 869-879.

Widagdo, A. S., WA, B. S., & Nasiri , A. (2020). Analisis Tingkat Kepopuleran E-commerce di Indonesia Berdasarkan Sentimen Sosial Media Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Informa : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 6 Nomor 1, 1-5.

Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RESIKO , KUALITAS SITUS WEB , DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA SEMARANG. Jurnal Manajemen, 7 Nomor 3, 2337-3792.

Most read articles by the same author(s)