Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

Main Article Content

Denny Hernawan
Agra Alfin Zulfa
Gotfridus Goris Seran

Abstract

Pemerintah memiliki tugas penting untuk menyediakan layanan publik yang prima bagi setiap warga negaranya, Layanan administrasi kependudukan tersedia di Kecamatan Ciawi, Layanan ini mencakup pembuatan kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Surat Tinggal Sementara, dan Surat Keterangan Tidak Mampu. Kartu Tanda Penduduk, yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang di seluruh Indonesia adalah identitas resmi. Bagaimana pelayanan yang diberikan di Kecamatan Ciawi untuk melakukan perekaman KTP Studi yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif ini menjelaskan kondisi saat ini tanpa mempertimbangkan atau mengubah elemennya. Penelitian deskriptif kualitatif adalah jenis penelitian yang memanfaatkan metode pengumpulan data modern. Dalam penelitian ini, analisis deskriptif adalah metode yang paling umum digunakan. Teori digunakan sebagai dasar untuk mengarahkan penelitian ke realitas dasar. Analisis deskriptif adalah pendekatan analitis untuk menentukan apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan untuk variabel tertentu. Dapat dilihat dari 5 aspek di atas pelayanan perekaman di kecamatan ciawi ada yang sudah terpenuhi dan ada juga yang belum terpenuhi. Pegawai kecamatan yang ada di bagian pelayanan memberi pelayanan kepada masyarakat kurang ramah dan tidak sesuai dengan SPM (Standar Pelayanan Masyarakat). Kondisi ini membuat pelayanan perekaman yang ada di kecamatan ciawi kurang dilihat dari keterlambatan dan ketidakprofesionalan pegawai yang berdampak pada pelayanan yang lama. Selama melakukan penelitian di kecamatan Ciawi, penulis memperoleh banyak pengalaman, pengetahuan, dan wawasan. Selain itu, melayani masyarakat yang ingin melakukan perekaman e-KTP, peneliti harus berhadapan langsung dengan masyarakat yang beragam.

Article Details

How to Cite
Hernawan, D. ., Zulfa, A. A. ., & Seran, G. G. . (2024). Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Karimah Tauhid, 3(1), 160–166. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11290
Section
Articles

References

Agency, T. C., Consulting, I., DEPARTMENT OF WATER AND SANITATION, Infill, R., Iii, W., June, M. S., Lititz, S., Number, P. P. I. D., Number, P. P. I. D., Owner, P., Address, O., Phone, O., Acreage, T., Coverage, L., Capacity, S., Development, P., Stewart, D., Strictest, I., Confidence, C., … นคเรศ รังควัต. (2006). Kartu Tanda Penduduk elektronik. Transportation, 1(January), 21–30. https://doi.org/10.1002/ejoc.201200111

Ahmad Mustanir, S. I. P. M. S. (2022). PELAYANAN PUBLIK. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id=FpCFEAAAQBAJ

Daniel, D. (2015). No Title空間像再生型立体映像の 研究動向. Nhk技研, 151, 10–17.

Dr. Harbani Pasolong, M. S. (2020). Etika Profesi. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=b3xOEAAAQBAJ

Dr. Kiki Farida Ferine, S. E. M. S., & Juniarti, S. E. M. M. (2022). Pelayanan SDM. Selat Media. https://books.google.co.id/books?id=Q8CfEAAAQBAJ

Keliat. (2020). Analisis Pelaksanaan Kebijakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Bpjs Kesehatan Cabang Kabanjahe. Suparyanto Dan Rosad 2015, 5(3), 248–253.

Ridho. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>