Efektivitas Pelayanan Administrasi Terhadap Masyarakat Di Kantor Desa

Main Article Content

Euis Salbiah
Muhammad Prayoga septiana
Gotfridus Goris seran
Ginung Pratidina

Abstract

Pelayanan secara etimologis mempunyai arti  bahwa pelayanan adalah suatu benda, cara atau hasil kerja pelayanan, sedangkan pelayanan secara terminologi. merupakan satu aktivitas maupun kumpulan pekerjaan yang berlangsung di dalam hubungan langsung antara seseorang bersama orang lain atau mesin fisik. , serta memberikan fasilitas yang memuaskan terhadap konsumen. Kantor Desa Tugujaya Kabupaten Bogor adalah salah satu jenis pengabdian terhadap penduduk dengan satu tujuan yaitu visi menjadikan Desa Tugujaya menjadi desa yang asri mandiri, maju, sejahtera, energik, produktivitas dan religi. memenuhi seluruh kebutuhan dasar warga masyarakat. Oleh karena itu, efektivitas dan efisiensi pelayanan administrasi sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat dan memudahkan segala kebutuhan administrasi masyarakat. Teknik yang digunakan merupakan metode deskripsi kualitatif, adalah teknik penelitian yang berdasarkan filsafat post-positivis, yang digunakan guna mengungkap,mengkaji keadaan benda-benda alam. Penulis dapat memahami bagaimana suatu pelayanan dapat dianggap efektif, dapat mengetahui jenis pelayanan apa saja yang ada di desa Tugujaya, mengelola surat menyurat serta menambah pengetahuan dan wawasan jati dirinya.

Article Details

How to Cite
Salbiah, E. ., septiana, M. P., seran, G. G. ., & Pratidina, G. . (2024). Efektivitas Pelayanan Administrasi Terhadap Masyarakat Di Kantor Desa. Karimah Tauhid, 3(1), 465–472. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11651
Section
Articles

References

- Husain, B. A., Novendri, I., Sunarsi, D., & Sutrisno, S. (2022). Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan pada PT. Nusalima Kelola Sarana Tangerang Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 374–379.

- Ii, B. A. B., & Administrasi, P. (2012). Administrasi. 6–14.

- Medina Chávez, J. L. (2019). 済無No Title No Title No Title. 68.

- Norsandi, D. (2018). Jurnal MERETAS Juni 2018, Volume 5 Nomor 1. 5.

- Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7.

- Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 2(1), 41–50.

- Rofifah. (2020). Pengertian Pelayanan Masyarakat. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

- Saepul Bahri, A. (2020). EFEKTIVITAS KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) DALAM MENINGKATKAN SPATIAL THINKING “Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNISMA Bekasi.” GEOGRAPHIA Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi, I(1), 46–58.

- Wibowo, F., Setiyanto, S., & Bahtiar, H. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan, loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan. Journal of Management and Digital Business, 2(3), 128–138.

- Ratminto dan atik septi Winarsih (2012).manajemen pelayanan pengembangan model konseptual,penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal.yogyakarta : pustaka pelajar.

- https://www.studocu.com/id/document/universitas-medan-area/administrasi-publik/laporan-kuliah-kerja-lapangan/392392

- Mengenal Pelayanan Publik Minggu, 29/11/2020 • Muslimin B Putra 89419 Dokumentasi ORI Sulsel https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengenal-pelayanan-publik

- Makna Sebuah Pelayanan 26-Feb-2020 05:26:51 PM Admin Web Bea dan Cukai https://www.beacukai.go.id/berita/makna-sebuah-pelayanan.html

- Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

- https ://www.kompas.com/skola/read/2023/06/02/120000269/pengertian-efektivitas-menurut-ahli

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>