Pelayanan Pemerintah Bidang Kesejahteraan Masyarakat

Main Article Content

Berry Sastrawan
Adrianus Samsi
Gotfridus Goris Seran

Abstract

Arti kesejahteraan masyarakat merupakan gabungan dari kata “kesejahteraan” dan “masyarakat”. Kata “kesejahteraan” sendiri diambil dari kata dasar “sejahtera” yang menunjukkan suatu kondisi yang mencerminkan kondisi positif, yaitu keadaan dimana anggotanya hidup sejahtera, sehat dan damai. Sedangkan “masyarakat” mengacu pada sekelompok individu yang mempunyai ikatan kuat melalui sistem, tradisi, konvensi dan hukum yang sama, dan mengarah pada kehidupan bersama (Asmana, 2021). menurut Michael P. Todaro dan Stephen C. Smith, kebahagiaan manusia mengacu pada tingkat kepuasan terhadap kebutuhan dasar seperti perumahan yang layak, sandang yang layak, serta pangan, pendidikan dan kesehatan. Secara alternatif, kita dapat berpendapat bahwa kesejahteraan sosial adalah suatu kondisi dimana individu dapat secara optimal menggunakan sumber daya yang tersedia dengan mempertimbangkan keterbatasan anggaran dan kondisi tertentu untuk memenuhi kebutuhan material dan spiritual. Kesejahteraan masyarakat merupakan komponen penting dalam pola pembangunan ekonomi, dan keberhasilan pembangunan ekonomi diukur dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Indikator kesejahteraan masyarakat merupakan alat yang memberikan arah atau data untuk mengukurnya. Indeks Kesejahteraan Masyarakat merupakan alat ukur yang menilai tingkat keberhasilan suatu masyarakat, digunakan untuk menilai apakah suatu masyarakat mencapai keberhasilan atau tidak. Secara umum, ada beberapa faktor yang dapat menjadi indikator dalam menilai kesejahteraan masyarakat, seperti pendapatan, tingkat pendidikan, pelayanan kesehatan, struktur demografi, tingkat lapangan kerja, tarif dan pola konsumsi, kondisi perumahan dan lingkungan, serta tingkat kemiskinan.

Article Details

How to Cite
Sastrawan, B. ., Samsi, A., & Seran, G. G. . (2024). Pelayanan Pemerintah Bidang Kesejahteraan Masyarakat . Karimah Tauhid, 3(1), 473–479. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11642
Section
Articles

References

RIFQ, A. (2021). PEMBANGUNAN DESA TUGUJAYA. DESA TUGUJAYA. HTTP://TUGUJAYA-CIGOMBONG.DESA.ID/PEMBANGUNAN-DESA-TUGUJAYA

Asmana, A. (2021). Kesejahteraan Masyarakat : Pengertian, Indikator, Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat. Jakarta: legalstudies71.

Nabila, M. (2021). Fraksinasi dan Identifikasi Asap Cair dari Tandan Kosong Nipah (Nypa fruticans Wurmb.). 1.

Smith, J., Petrovic, P., Rose, M., De Souz, C., Muller, L., Nowak, B., & Martinez, J. (2021). Placeholder Text: A Study. The Journal of Citation Styles, 3. https://doi.org/10.10/X

Smith et al., “Placeholder Text: A Study,” Citation Styles, vol. 3, Jul. 2021, doi: 10.10/X.

Smith, J. et al. (2021) ‘Placeholder Text: A Study’, The Journal of Citation Styles, 3. Available at: https://doi.org/10.10/X.

Martin Yuliana Musin Universitas Lakidende Unaaha Vol. 1 No. 3 (2022): Februari PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Kantor Camat Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan) Diterbitkan: 26 Februari 2022 https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/23

Smith, J. et al. (2021) ‘Placeholder Text: A Study’, The Journal of Citation Styles, 3. Available at: https://doi.org/10.10/X.

Dewi, S. R. (2021). Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Nelayan Di Era New Realiti Melalui Model Pembiayaan Inklusif: Perspektif Al Mudharabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 81–89.

Mulia, R. A., & Saputra, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat Kota Padang. Jurnal El-Riyasah, 11(1), 67–83.

SMITH, J. et al. Placeholder Text: A Study. The Journal of Citation Styles, v. 3,15 jul. 2021.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>