Peran Teknologi dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Sekretaris Daerah di Wali Kota Depok

Main Article Content

Oetje Subagdja
Muhamad Tegar Purna Bhakti
Gotfridus Goris Seran

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berdampak signifikan terhadap beberapa aspek kehidupan manusia, termasuk sektor pelayanan publik di berbagai instansi pemerintahan. Di era digital ini, penerapan inovasi teknologi berperan penting dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, serta kualitas pelayanan publik. Sebagai kepala pemerintahan di kota tersebut, Wali Kota Depok memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwasanya pelayanan publik di wilayahnya mampu memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Teknik Observasi sebagai pengamatan langsung untuk mengumpulkan data yang diperlukan oleh penulis. Dapat dilihat bahwa Peran Inovasi Teknologi Dalam Peningkatan Layanan juga diterapkan oleh Wali Kota Depok, di mana beberapa pihak yang terkait di dalam pemerintahan Wali Kota Depok melakukan upaya seperti terobosan baru dengan prinsip E-Government, serta Transformasi digital yang dilakukan oleh instansi pemerintah daerah bertujuan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih modern, responsif, dan akuntabel. Dalam konteks ini, peran inovasi teknologi sangat relevan, karena dapat membantu meningkatkan efisiensi proses, mengurangi birokrasi, dan meningkatkan aksesibilitas pelayanan bagi masyarakat. Dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital, peran inovasi teknologi dalam peningkatan pelayanan publik di Pemerintahan Wali Kota Depok tidak dapat diabaikan. Selama Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di bagian Sekretaris Pemerintahan Wali Kota Depok penulis mendapat banyak pengalaman, pengetahuan, sekaligus wawasan baru. Selain itu, teknologi bagi pemerintah harus terus diupayakan agar menjadi lebih praktis dan efisien, serta memudahkan masyarakat yang ingin membutuhkan pelayanan pemerintah.

Article Details

How to Cite
Subagdja, O. ., Bhakti, M. T. P. ., & Seran, G. G. . (2024). Peran Teknologi dalam Peningkatan Pelayanan Publik Pada Sekretaris Daerah di Wali Kota Depok. Karimah Tauhid, 3(3), 2826–2831. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12504
Section
Articles

References

Adriwati. (2001). Bunga Rampai Wacana Administrasi Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aprianty, D. R. (2016). Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Penerapan Kebijakan E-Government, 1594.

Dwiyanto, A. (2015). Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Dalam Ibid, Manajemen Pelayanan Publik (hal. 14). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Indrajit, E. R. (2002). Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Electronic. Electronic Government.

Keliat. (2020). Analisis Pelaksanaan Kebijakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe. Suparyanto Dan Rosad 2015, 5(3), 248–253.

Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Manajemen, 22.

Savas. (1987). ''Privatization : The Key to Better Goverment''. New Jersey: Chatam House Publisher.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>