PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK

Main Article Content

Annisa Zahra Sholehah
Chaerunnisa Zoe Susanto
Rasya Qotrunada
Cecep Wahyudin
Euis Salbiah

Abstract

Pelayanan publik telah menjadi fokus perhatian masyarakat, terutama seiring dengan kebijakan pemerintah tentang desentralisasi (otonomi daerah). Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peran budaya organisasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Selanjutnya menjelaskan budaya organisasi yang berkembang dengan alat organizational culture profile (OCP). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan dikarenakan yang diteliti oleh penulis adalah teks tertulis yang berupa artikel ataupun jurnal. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam artikel ini yaitu data literatur. Berdasarkan hasil diskusi dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan publik, budaya organisasi memiliki pengaruh yang cukup besar dalam hal tersebut. Karena kinerja aparatur dapat dikelola dan akan mempengaruhi pelayanan yang ditawarkan kepada masyarakat. Sesuai dengan hal tersebut, salah satu hal yang harus diterapkan dalam instansi pemerintah yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui budaya organisasi.

Article Details

How to Cite
Sholehah, A. Z., Susanto, C. Z., Qotrunada, R., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. Karimah Tauhid, 2(1), 352–359. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.8027
Section
Articles
Author Biography

Cecep Wahyudin, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik

References

Dendong, F. F., Lino, M.M, & Ndoda, Y. (2022). Budaya Organisasi Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Jurnal Administrasi Publik: Vol. 17, No. 2.

Dunggio, S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Camat Dungingi Kota Gorontalo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia: Vol. 7, No. 1

Hadian, D. (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Struktur Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dinas serta Implikasinya pada Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Manajemen: Vol. 3, No. 1.

Hamsiah, S. T., Ihyani Malik, and Hafiz Elfiansyah Parawu. "Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Gowa." Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP) 3.1 (2022): 110-124.

Kadir, A. & Yamin, M. (2016). Budaya Organisasi Dalam Pelayanan Publik Di Badan Penyelenggara Pelayanan Perizinan Kota Kendari. Jurnal Publica: Vol. 7, No. 1.

Muhammad, H. & Setiawan, D. (2017). Efektivitas Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Vol. 6, No. 2.

Natalia, G. N. & Andri, S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengembangan Organisasi. JOM FISIP: Vol. 4, No. 2.

Pratami, M., Ranbilal, R., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online. KARIMAH TAUHID, 2(1), 60-75.

Putri, I. R. & Yusuf, N. F. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Dalam Menciptakan Perkembangan Organisasi. Jurnal Administrasi Publik: Vol. 18, No. 1

Ridwanullah, M., Utami, A. A., Wahyudin, C., Nurpadillah, S., Pratama, F., Rukmana, H., & Muhammad, F. (2019). Implementation of e-Governance to Improve the Civil Administration Service Quality in Public Sector. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 48(3), 168-178.

Robbins. & Stephen, P. (2003). Perilaku Organisasi. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Schein. & Edgar, H. (1985). Organizational Culture and Leadership. San Fransisco: Jossey-Bass Publisher.

Setiawati, B. (2016). Peran Budaya Organisasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik: Vol. 2, No. 4.

Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency. Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 64-70.

Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>