Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online

Main Article Content

Mirna Pratami
Rio Ranbilal
Marezka
Cecep Wahyudin
Euis Salbiah

Abstract

Permasalahan masyarakat yang masih enggan dalam melakukan perubahan terhadap data di dalam Kartu Keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyediakan pelayanan perubahan data Kartu Keluarga berbasis online. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menjabarkan realita di lingkungan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi literatur. Hasil temuan yang di dapat menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik berbasis digital sangat diperlukan dalam segala bentuk pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Hal ini merujuk pada hasil wawancara yaitu alasan masyarakat yang masih enggan merubah datanya di dalam kartu keluarga salah satunya karena jarak yang jauh dan juga antrian yang lama. Untuk menanggulangi masalah tersebut, maka penulis merekomendasikan penerapan pelayanan online terhadap perubahan data pada kartu keluarga. Kesimpulannya adalah inovasi pelayanan publik sangat penting untuk diterapkan dalam rangka mempermudah urusan dan kebutuhan masyarakat khususnya warga Kabupaten Bogor sebagai media untuk mempermudah pengurusan data kependudukan.


 

Article Details

How to Cite
Mirna Pratami, Rio Ranbilal, Marezka, Wahyudin, C., & Euis Salbiah. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online. arimah auhid, 2(1), 60–75. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7593
Section
Articles
Author Biography

Cecep Wahyudin, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik

References

Badan Pusat Statistik. 2020. “Hasil Sensus Penduduk 2020” bps.go.id. Diambil 30 Oktober 2022 (https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html#:~:text=Hasil%20Sensus%20Penduduk%20(SP2020)%20pada,sebanyak%20141%20jiwa%20per%20km2)

Elga Yosi, Sosieantoro Adi, 2018, “Inovasi Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya”, Surabaya

Fauzy, Naufal. 2022. “Daftar 7 UPT Disdukcapil Kabupaten Bogor Untuk Warga yang Kejauhan Ngurus KK dan KTP” bogor.tribunnews.com. Diambil 01 November 2022 (https://bogor.tribunnews.com/2022/04/14/daftar-7-upt-disdukcapil-kabupaten-bogor-untuk-warga-yang-kejauhan-ngurus-kk-dan-ktp)

Jayani, Dwi Hadya. 2021. “Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar DI Indonesia” databoks.katadata.co.id. Diambil 01 November 2022 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia#:~:text=Komposisi%20penduduk%20terbesar%20selanjutnya%20berada,juta%20atau%201%2C87%25.)

Kusnandar, Viva Budy. 2022. “Ini 10 Wilayah Paling Padat Penduduk Di Indonesia” katadata.co.id. Diambil 01 November 2022 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/08/ini-10-wilayah-paling-padat-penduduk-di-indonesia#:~:text=DKI%20Jakarta%3A%2015.978%20jiwa%2Fkm%C2%B2,DI%20Yogyakarta%3A%201.185%20jiwa%2Fkm%C2%B2)

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications

Mulyana, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik

Open Data Jabar. 2020. “Kabupaten Bogor Berpenduduk Terbanyak Se-Indonesia” opendata.jabarprov.go.id. Diambil 30 Oktober 2022 (https://opendata.jabarprov.go.id/id/infografik/kabupaten-bogor-berpenduduk-terbanyak-se-indonesia)

Pusat Inovasi Pelayanan Publik Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara. 2017. Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik

Ramadhani, Wahyu. 2017. Penegakan Hukum Dalam Menanggulangi Pungutan Liar Terhadap Pelayanan Publik

Saefudin. 2022. “Signifikan, Hasil Survei E-Government Indonesia Naik 11 Peringkat” aptika.kominfo.go.id. Diambil 30 Oktober 2022 (https://aptika.kominfo.go.id/2022/10/signifikan-hasil-survei-e-government-indonesia-naik-11-peringkat/)

Supanji, Tratama Helmi. 2021. “Menuju Indonesia Emas 2045, Pemerintah Siapkan Generasi Muda Unggul dan Berdaya Saing” kemenkopmk.go.id. Diambil 01 November 2022 (https://www.kemenkopmk.go.id/menuju-indonesia-emas-2045-pemerintah-siapkan-generasi-muda-unggul-dan-berdaya-saing)

Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Cet. 1 (Jakarta: Gema Insani, 2001), hal: 153-157

The Global Economy. 2022. “Public Service Index by country around the world” theglobaeconomy.com. Diambil 30 Oktober 2022 (https://www.theglobaleconomy.com/rankings/public_services_index/#:~:text=Public%20services%20index%20%2D%20Country%20rankings&text=The%20average%20for%202022%20based,available%20from%202007%20to%202022.)

Tjiptono dan Chandra. 2016. Service, quality and satisfaction

Usman, Nining Nurmantari. 2016. Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pelayanan Publik (Studi Pembuatan Sim) Di Kantor Satlantas Polrestabes Makassar

Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area ,. Journal Of Multidisciplinary Science, 1(2), 64–70.

World Meter. 2022. “Indonesia Population 2022” www.worldometers. Diambil 31 Oktober 2022 (https://www.worldometers.info/world-population/indonesia-population/)

Most read articles by the same author(s)