Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7593Keywords:
Inovasi, Kartu Keluarga,, Pelayanan PublikAbstract
Permasalahan masyarakat yang masih enggan dalam melakukan perubahan terhadap data di dalam Kartu Keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyediakan pelayanan perubahan data Kartu Keluarga berbasis online. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif untuk menjabarkan realita di lingkungan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi literatur. Hasil temuan yang di dapat menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik berbasis digital sangat diperlukan dalam segala bentuk pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Hal ini merujuk pada hasil wawancara yaitu alasan masyarakat yang masih enggan merubah datanya di dalam kartu keluarga salah satunya karena jarak yang jauh dan juga antrian yang lama. Untuk menanggulangi masalah tersebut, maka penulis merekomendasikan penerapan pelayanan online terhadap perubahan data pada kartu keluarga. Kesimpulannya adalah inovasi pelayanan publik sangat penting untuk diterapkan dalam rangka mempermudah urusan dan kebutuhan masyarakat khususnya warga Kabupaten Bogor sebagai media untuk mempermudah pengurusan data kependudukan.
References
Badan Pusat Statistik. 2020. “Hasil Sensus Penduduk 2020” bps.go.id. Diambil 30 Oktober 2022 (https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html#:~:text=Hasil%20Sensus%20Penduduk%20(SP2020)%20pada,sebanyak%20141%20jiwa%20per%20km2)
Elga Yosi, Sosieantoro Adi, 2018, “Inovasi Pelayanan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya”, Surabaya
Fauzy, Naufal. 2022. “Daftar 7 UPT Disdukcapil Kabupaten Bogor Untuk Warga yang Kejauhan Ngurus KK dan KTP” bogor.tribunnews.com. Diambil 01 November 2022 (https://bogor.tribunnews.com/2022/04/14/daftar-7-upt-disdukcapil-kabupaten-bogor-untuk-warga-yang-kejauhan-ngurus-kk-dan-ktp)
Jayani, Dwi Hadya. 2021. “Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar DI Indonesia” databoks.katadata.co.id. Diambil 01 November 2022 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia#:~:text=Komposisi%20penduduk%20terbesar%20selanjutnya%20berada,juta%20atau%201%2C87%25.)
Kusnandar, Viva Budy. 2022. “Ini 10 Wilayah Paling Padat Penduduk Di Indonesia” katadata.co.id. Diambil 01 November 2022 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/08/ini-10-wilayah-paling-padat-penduduk-di-indonesia#:~:text=DKI%20Jakarta%3A%2015.978%20jiwa%2Fkm%C2%B2,DI%20Yogyakarta%3A%201.185%20jiwa%2Fkm%C2%B2)
Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications
Mulyana, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik
Open Data Jabar. 2020. “Kabupaten Bogor Berpenduduk Terbanyak Se-Indonesia” opendata.jabarprov.go.id. Diambil 30 Oktober 2022 (https://opendata.jabarprov.go.id/id/infografik/kabupaten-bogor-berpenduduk-terbanyak-se-indonesia)
Pusat Inovasi Pelayanan Publik Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara. 2017. Pengukuran Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik
Ramadhani, Wahyu. 2017. Penegakan Hukum Dalam Menanggulangi Pungutan Liar Terhadap Pelayanan Publik
Saefudin. 2022. “Signifikan, Hasil Survei E-Government Indonesia Naik 11 Peringkat” aptika.kominfo.go.id. Diambil 30 Oktober 2022 (https://aptika.kominfo.go.id/2022/10/signifikan-hasil-survei-e-government-indonesia-naik-11-peringkat/)
Supanji, Tratama Helmi. 2021. “Menuju Indonesia Emas 2045, Pemerintah Siapkan Generasi Muda Unggul dan Berdaya Saing” kemenkopmk.go.id. Diambil 01 November 2022 (https://www.kemenkopmk.go.id/menuju-indonesia-emas-2045-pemerintah-siapkan-generasi-muda-unggul-dan-berdaya-saing)
Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Cet. 1 (Jakarta: Gema Insani, 2001), hal: 153-157
The Global Economy. 2022. “Public Service Index by country around the world” theglobaeconomy.com. Diambil 30 Oktober 2022 (https://www.theglobaleconomy.com/rankings/public_services_index/#:~:text=Public%20services%20index%20%2D%20Country%20rankings&text=The%20average%20for%202022%20based,available%20from%202007%20to%202022.)
Tjiptono dan Chandra. 2016. Service, quality and satisfaction
Usman, Nining Nurmantari. 2016. Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pelayanan Publik (Studi Pembuatan Sim) Di Kantor Satlantas Polrestabes Makassar
Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area ,. Journal Of Multidisciplinary Science, 1(2), 64–70.
World Meter. 2022. “Indonesia Population 2022” www.worldometers. Diambil 31 Oktober 2022 (https://www.worldometers.info/world-population/indonesia-population/)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mirna Pratami, Rio Ranbilal, Marezka, Cecep Wahyudin, Euis Salbiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.