Implementasi Inovasi Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Berbasis Online

Main Article Content

Fidya Arzita Elfito
Muhamad Rafi Diaz Zidane
Gladys Marsha Brata
Kevin Ginaldo
Rayhan Cahya Nugraha
Cecep Wahyudin
Euis Salbiah

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, transformasi digital terhadap pelayanan publik perlu dilakukan. Inovasi online pada pelayanan pemungutan pajak bumi dan bangunan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sppt dalam bentuk elektronik. Akan tetapi, masyarakat yang lanjut usia atau belum melek teknologi memiliki kendala dalam mengakses aplikasi atau website e-sppt. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi inovasi pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis online dan cara mengatasi hambatan-hambatan yang dialami. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisa data menggunakan model Miles and Huberman, serta dalam keabsahan data dinyatakan valid apabila tidak terdapat perbedaan antara tulisan dengan kenyataan di lokasi penelitian. Teori penelitian menggunakan teori atribut inovasi menurut Rogers dengan hasil penelitian menunjukkan a) penerapan e-sppt memberikan keuntungan kepada masyarakat dalam mengunduh dan memiliki arsip dokumen tahun sebelumnya, b) terdapat kesesuaian terhadap inovasi sebelumnya, c) kerumitan dirasakan oleh masyarakat lansia, d) telah dilakukan uji coba selama dua tahun masa transisi, e) penggunaan tampilannya mudah diamati. Dalam mengatasi masalah, disediakannya petugas untuk membantu masyarakat yang kebingungan dan memberikan alternatif untuk menggunakan mobil keliling layanan pajak.

Article Details

How to Cite
Elfito, F. A., Zidane, M. R. D., Gladys Marsha Brata, Kevin Ginaldo, Rayhan Cahya Nugraha, Wahyudin, C., & Euis Salbiah. (2024). Implementasi Inovasi Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Berbasis Online. Karimah Tauhid, 3(2), 1286–1294. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11717
Section
Articles
Author Biography

Cecep Wahyudin, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik

References

Anggraeny, C. (2013). Inovasi Pelayanan Ksehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik , 85-93.

Febrianti, S. D., & Fanida, E. H. (2022). INOVASI PELAYANAN PAJAK DAERAH MELALUI APLIKASI SISTEM INFORMASI DAN PELAYANAN PAJAK DAERAH TERPADU BERBASIS NIK (SIPANDAUNIK) DI KABUPATEN PONOROGO . Publika , 739-752.

Hardiyanti, K. A., & Widiyarta, A. (2023). INOVASI PROGRAM APLIKASI LAYANAN TERPADU ONLINE . Jurnal Kebijakan Publik , 470-475.

Larasati, D. C. (2020). INOVASI SISTEM INFORMASI APLIKASI MOBILE PAJAK DAERAH (SAMPADE) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK . JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan IlmuPolitik , 9-15.

Melinda, M., Syamsurizaldi, & Kabullah, M. I. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang . Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan , 202-216.

Raztiani, R., & Mashur, D. (2022). INOVASI PELAYANAN PADA KEPOLISIAN SEKTOR KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU . Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK) , 1-11.

Rogers, Everett M. 2003. Diffusion of Innovations. Fifth Edition, Free Press, New York.

Sawir, M. (2021). ILMU ADMINISTRASI DAN ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK. Sleman: Deepublish Publisher.

Setyawan, N. R., Kalalinggi, R., & Anggraeiny, R. (2019). INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI PROGRAM ESAMSAT DI KANTOR SAMSAT KOTA SAMARINDA . eJournal Pemerintahan Integratif , 11-20.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &. D. Bandung: ALFABETA, CV.

Suwarno, Yogi, 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.

Tresiana, N., & Duadji, N. (2019). IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK. Bandarlampung: GRAHA ILMU.

Wahyudin, C., & Hernawan, D. (2020). Inovasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Samsat J'Bret di Wilayah Samsat Cibadak Kabupaten Sukabumi. SEMNAS UNIDA II 2020 (pp. 733-738). Bogor: Unida Press.

Wahyudin, C., Subagdja, O., & Iskandar, A. (2023). Desain Model Collaborative Governance Dalam Penanganan Pengurangan Penggunaan Plastik. Jurnal Governansi, 9(2), 151-162. https://doi.org/10.30997/jgs.v9i2.8004

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>