Analisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Website Pakuan Prima

Main Article Content

Intan Nuryani
Denny Hernawan
Cecep Wahyudin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana efektivitas pelayanan administrasi kependudukan melalui website pakuan prima serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat terhadap efektivitas pelayanan administrasi kependudukan melalui website pakuan prima. Dalam penelitian ini memakai populasi dalam sampel sebanyak 100 responden masyarakat Kota Bogor. Penarikan sampel menggunakan teknik sampel random sampling. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Untuk pengukuran variabel digunakan skala likert dengan lima skala. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Pemahaman Program memperoleh skor sebesr 4,08 dengan kategori Baik, dimensi Tepat Sasaran memperoleh skor sebesar 4,26 dengan kategori Sangat Baik, dimensi Tepat Waktu memperoleh skor sebeasr 4,1 dengan kategori Baik, dimensi Tercapainya Tujuan meperoleh skor sebesar 4,2 dengan kategori Baik, dan dimensi Perubahan Nyata memperoleh skor sebesar 4,25 dengan kategori Sangat Baik. Dengan demikian, Efektivitas pelayanan Administrasi Kependudukan melalui website pakuan prima di Disdukcapil Kota Bogor secara umum dengan nilai rataan 4,17 dengan kategori Baik, dikatakan baik karena masyarakat mengaku merasa terbantu juga lebih mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan ini tidak memerlukan banyak waktu dan dapat  dilakukan kapanpun dimanapun.

Article Details

How to Cite
Nuryani, I., Denny Hernawan, & Wahyudin, C. (2024). Analisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Website Pakuan Prima . Karimah Tauhid, 3(6), 6579–6593. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13599
Section
Articles

References

Buku:

Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. (2010) Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana.

Jurnal:

Emis, Burhanuddin, & Abdul Rahman. (2020). Analisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 3(9), 479–491.

Farhani, A., & Adnan, M. F. (2021). Efektivitas Pelayanan Dokumen Kependudukan Melalui Sistem Paduko. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 66.

Farhati, M. Z., Saraswati, A., Septiana, M. P., Ramadhan, M., Salbiah, E., & Wahyudin, C. (2024). Strategi Pengembangan Organisasi untuk Meningkatkan Efektivitas Kinerja Pegawai. Karimah Tauhid, 3(2), 1391–1403.

Fauziah, W. R., Sugiarti, C., & Ramdani, R. (2022). Efektivitas program wirausaha pemuda dalam upaya penurunan angka pengangguran terbuka di kabupaten tegal pada masa pandemi covid-19. Jurnal Manajemen, 14(2), 367–375.

Hernawan, D., Zulfa, A. A., & Seran, G. G. (2024). Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). 3(1), 1–7.

Kurnia, tantia wulandari, a Iskandar, & Hernawan, D. (2019). Efektivitas Program Pelatihan Keterampilan Berbasis Masyarakat ( Kk Miskin ) Oleh Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi. Jurnal Sosial Humaniora, 10(April), 1–10.

Muafa, muhammad adli, Wahyudin, C., Salbiah, E., & Subagdja, O. (2024). Efektivitas Program Pemberian Makanan Tambahan pada Anak Stunting. Jurnal Idea Pengabdian Masyarakat, 2(03), 2798–3668.

Pratami, M., Ranbilal, R., Marezka, Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online. Karimah Tauhid, 2(1), 60–75.

Sanusi, I. K., Seran, G. G., Wahyudin, C., & Apriliyani, neng virly. (2024). Peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Pencatatan Sipil. 3, 4236–4249.

Sugandi, U., Hernawan, D., & Ratnamulyani, I. A. (2015). Hubungan Pengawasan Dengan Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Governansi, 1(1), 35–43.

Syam, S. (2020). Pengaruh Efektifitas Dan Efisiensi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Banggae Timur. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 128–152.

Dokumen Undang-Undang:

Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik pasal 1 ayat 1 pelayanan publik

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 1 ayat 9 tentang administrasi kependudukan

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>