Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor

Main Article Content

Riska Yuliani
Denny Hernawan
Faisal Tri Ramdani

Abstract

Penelitian ini bermaksud guna mengetahui bagaimana implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan bagi warga yang termasuk kedalam kategori Rumah Tangga Sangat Miskin di Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan. Program yang diharapkan mampu meringankan biaya kebutuhan pendidikan dan kesehatan bagi warga penerima bantuan dan juga bisa sedikitnya membantu mengurangi angka kemiskinan di Kecamatan Bogor Selatan. Teknik penghimpunan data menggunakan cara tanya jawab dan pengamatan langsung. Sedangkan metode dalam penelitian menggunakan metode deskriptif, yaitu uraian yang menggambarkan jawaban atau respon dari para responden. Informan diambil sebanyak 5 orang, 2 orang penerima langsung bantuan Program Keluarga Harapan, peserta aktif yang lama dan yang baru menerima bantuan, 1 orang Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Cipaku, 1 orang Ketua RW dan 1 orang lagi merupakan pendamping yang aktif dalam program ini. Adapun hasil penelitian disimpulkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) berlangsung cukup baik dan bisa membantu warga yang menerima bantuan dari program ini, meskipun dalam pelaksanaanya masih banyak warga yang menyalahgunakan kebijakan dari program ini. Diperlukan sosialisasi kembali kepada sasaran program, untuk menggunakan dana PKH ke hal-hal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu diperlukan juga pengawasan dari Pendamping Program agar dana yang diterima masyarakat bisa digunakan sesuai dengan tujuan program ini. Diharapkan pula PKH ini tetap berjalan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.


 


Kata kunci: Implementasi, Kebijakan, Program, Keluarga Harapan

Article Details

How to Cite
Yuliani, R., Denny Hernawan, & Faisal Tri Ramdani. (2023). Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Karimah Tauhid, 2(1), 256–262. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7778
Section
Articles

References

Akib, H. (2010). Implementasi kebijakan: apa, mengapa, dan bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1-11.

Beni, S. dan B. M. (2020). EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI PERBATASAN ( Studi Kasus Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat). RESEARCHGATE SOSIO KONSEPSIA, 9, 162–170. https://doi.org/10.33007/ska.v9i2.1832

Fitria, R., Ifansyah, M. N., & Firdaus, M. Y. (2020). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DILIHAT DARI ASPEK SUMBER DAYA (Studi Kasus Di Desa Mangkusip Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong). JAPB, 3(2), 545-558.

Khasanah, N. (2018). Pengaruh Sumber Daya Dan Disposisi Pelaksana Terhadap Keberhasilan Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara, 2(2), 30-35.

Kholif, K. I. (2014). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Matualage, P. (2015). Implementasi Kebijakan Program Keluarga Harapan di Kota Manado (Studi Kasus di Kecamatan Tuminting. Politico: Jurnal Ilmu Politik, 2(6), 1049

Mellani, W. (2022). Implementasi Kebijakan Program Keuarga Harapan (PKH) Dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko. In http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10822.

Nugroho, R. (2021). Kebijakan Publik: Implementasi dan Pengendalian Kebijakan. Elex Media Komputindo.

Permatasari, I. A. (2020). Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan). TheJournalish: Social and Government, 1(1), 33-37.

Rachmawati, T. (2017). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press. Bandung.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Rafiudin, M., Agustino, L., & Haris, D. M. (2016). Implementasi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Suharyo, A., & Khomariyati, S. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN DI KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG. e-JKPP, 6(2).

Suleman, S. A., & Resnawaty, R. (2017). Program Keluarga Harapan (PKH): Antara perlindungan sosial dan pengentasan kemiskinan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 88-92.

Syahputra Adisanjaya, S., & Resnawati, R. (2017). Program Keluarga Harapan (PKH): antara Perlindungan Sosial daan Pengetasan Kemiskinan. Prosiding KS: Riset da PKM, 4(1), 1-140.

Zahra, A. F. (2021). Implementasi kebijakan program keluarga harapan di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Most read articles by the same author(s)