Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi Kasus di Pasar Cikereteg Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor)

Authors

  • Riska Yuliani Universitas Djuanda
  • Faisal Tri Ramdani Universitas Djuanda
  • Denny Hernawan Universitas Djuanda
  • Neng Virly Apriliyani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i5.7779

Keywords:

implementasi, kebijakan publik, pedagang kaki lima

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Di Pasar Cikereteg Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Implementasi kebijakan penataan Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus Di Pasar Cikereteg Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor). Objek yang selalu menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di indonesia hal ini terkadang menjadi salah satu masalah yang belum pernah terselesaikan masalahnya mana hal ini membuat masyarakat menjadi terbiasa dengan keadaan jalanan macet. Mengenai implementasi kebijakan pemerintah terkait dengan oenataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima pemerintah dengan mempersiapkan lahan untuk para penjualan pedagang kaki lima akan tetapi masih saja pedagang yang melakukan penjualan di pinggir jalan. Penelitian ini khususnya menggunakan metode pendekatan kualitatif, teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yakni metode pengamatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kebijakan penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima ini menunjukan bahwa hasil kebijakan dari pemerintah sangat membantu bagi pedagang kaki lima yang khusus dibuatkan akan tetapi masih saja ada beberapa dari para pedagang yang masih berjualan di pinggir jalan dan beberapa faktor yang menjadi penghambat yang membuat pedagang menolak untuk di pindahkan dengan alasan dimana sebagai tempat jualan yang sudah menjadi tempat para pelanggan hal tersebut menyebabkan kemacetan akibat pembeli yang berhenti di tengah jalan untuk membelli keperluan mereka.  

 

References

Atun, U., & Rusli, Z. (2015). Penertiban Pedagang Kaki Lima oleh Satpol PP di Pasar Pagi Arengka kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(1), 1-14.

Fajrin, A. R. M., & Rahmawati, D. (2016). Faktor-faktor yang berpengaruh dalam penataan pedagang kaki lima (PKL) pada koridor Jalan Pasar Besar Kota Malang. Jurnal Teknik ITS, 5(1).

Fitriana, R., Auliya, A. U., & Widiyarta, A. (2020). Analisis Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Kebijakan Deliberatif. Jurnal Governansi, 6(2), 93-103.

Lestari, Dian. Implementasi Kebijakan Pentaan, Pengelolaan, Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Kota Salatiga. Magelang. 2018.

Maharani Abdul, Kartini. Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima (Studi Kasus di Pasar Sore Kota Tanjung Selor Kabupaten Bulungan). Jawa Timur. Universitas Kaltara. 2019.

Pitaloka, A. F., Nuswanto, A. H., & Sihotang, A. P. (2021). IMPLEMENTASI PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KABUPATEN SEMARANG. Semarang Law Review (SLR), 2(3), 176-189.

Puspitasari, D. E. (2010). Penataan Pedagang Kaki Lima Kuliner untuk Mewujudkan Fungsi Tata Ruang Kota di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Mimbar Hukum-Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 22(3), 588-606.

Ramdhan, K. M., Sumaryana, A., & Ismanto, S. U. (2017). Pemantauan Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Garut Kota Oleh Tim Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Kabupaten Garut. JANE (Jurnal Administrasi Negara), 2(1).

Ridwan, R., Kusmanto, H., Warjio, W., & Kadir, A. (2020). Efektivitas Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima di Pasar Peureulak Gampong Keude Kabupaten Aceh Timur. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 39-47.

SUGIYONO. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujatna, Y. (2018). Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima di Kawasan Kota Tua Jakarta. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 307-314.

Sulthan Suneth, Ibnu dan Hadi Ismanto. Implementasi Kebijakan Publik Tentang Penataan Dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (Pkl) Di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Suutomo, R. P. (2014). Implementasi kebijakan pemerintah kota Yogyakarta dalam penataan pedagang kaki lima.

Taufiqurokhman. Kebijakan Publik. Jakarta Pusat: Universitas Moestopo Beragama (Pers).2014

Wibisono, R., & Tukiman, T. (2017). Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima Di Sentra Ikan Bulak Kenjeran Kecamatan Bulak Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 1(2), 55-58.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Yuliani, R., Tri Ramdani, F., Hernawan, D., & Apriliyani, N. V. (2022). Implementasi Kebijakan Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi Kasus di Pasar Cikereteg Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor). Karimah Tauhid, 1(5), 651–655. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i5.7779
Abstract viewed = 64 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>