Implementasi Program Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kebijakan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Di SMAN 1 Caringin Kab. Bogor

Main Article Content

Yeni Handayani
Denny Hernawan
Gotfridus Goris Seran

Abstract

Penelitian ini menelaah tentang bagaimana proses implementasi atau pelaksanaan Program Kurikulum Merdeka sesuai dengan Kebijakan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 di SMAN 1 Caringin, Kabupaten Bogor. Tujuan tambahan penelitian ini yaitu menemukan faktor yang menghambat serta langkah yang diambil dalam upaya untuk memastikan kesuksesan implementasi kebijakan yang telah dibuat itu. Harapannya, pengimplementasian Program Kurikulum Merdeka di Kabupaten Bogor dapat berjalan secara optimal. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan teknik sampel yang diterapkan adalah sampel jenuh dengan melibatkan 48 responden yang merupakan tenaga pendidik atau guru di SMAN 1 Caringin. Penentuan hasil penelitian ditentukan dengan rumus Slovin dan  perhitungan Weighted Mean Score (WMS). Hasil pengoperasian Variabel penelitian ini merujuk pada teori keberhasilan implementasi kebijakan George C Edward III. rekapitulasi angket mendapat nilai penghitungan sebesar 3,85 dengan kategori "Baik". Hal ini menunjukkan bahwa Program Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Caringin, Kabupaten Bogor, berjalan dengan optimal.

Article Details

How to Cite
Handayani, Y., Hernawan, D. ., & Seran, G. G. . (2024). Implementasi Program Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kebijakan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Di SMAN 1 Caringin Kab. Bogor . Karimah Tauhid, 3(4), 4347–4360. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12814
Section
Articles

References

Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Seran, G. G., & Sastrawan, B. (2022) Implementasi program merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11-18. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5045

Barkah, A. I. (2023) Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/25230/

Batubara, C. M. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 2 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/24030/

Budi, M. R. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di SMAN 2 Lintau Buo. (Skrisi Sarjana, Universitas IAIN Batu sangkar) http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/28430

Desi, S. (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdit Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/30725/1/SKRIPSI%201-2.pdf

Ernianti, B. (2019) Implementasi Kebijakan Pembinaan Anak Jalanan Di Dinas Sosial Kota Makassar. (Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar) https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/7205-Full_Text.pdf

Haerul, H., Akib, H., & Hamdan, H. (2016) Implementasi Kebijakan Program Makassar tidak rantasa (mtr) di kota Makassar. Jurnal ilmiah ilmu administrasi publik, 6(2), 97315. https://ojs.unm.ac.id/index.php/iap/article/view/2477

Hayati, N. (2019) Pengaruh Penerapan Manajemen Strategi Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di MTs Madani Alauddin. (Skripsi Sarjana, UIN Alauddin Makassar) https://repositori.uin-alauddin.ac.id/13805/

Huri, D., Hernawan, D., & Seran, G. G. (2019) Pengaruh Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2009 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Oleh Satuan Polisi Pamong Praja Terhadap Penegakan Disiplin Masyarakat Di Kawasan Umum Kota Bogor. Jurnal Governansi, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.30997/jgs.v5i1.1698

Khairunnisa, K. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Sumbersari 2 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/52136/

Lestari, E. (2017) Pengaruh Pengorganisasian Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Impres Bangkala II Kota Makassar. (Skripsi Sarjana, UIN Alauddin Makassar) https://repositori.uin-alauddin.ac.id/11664/

Muscahyanti, A. (2021) Analisis Aktivitas Belajar Multisensori Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20889

Nugroho, M. H. A. (2020) Implementasi Kebijakan Perparkiran Di Kawasan Grand Indonesia (Bachelor's thesis, Fisip UIN Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57128

Ramdani, F. T., Apriliani, A., Ilyanawati, R. Y. A., Apriliyani, N. V., Ramadanti, N. P., & Pratami, M. (2023) Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Bogor Nomor 55 Tahun 2020 Tentang Pelestarian Budaya Sunda. Jurnal Governansi, 9(1), 1-6. https://doi.org/10.30997/jgs.v9i1.7419

Subandi, A. (2017) Implementasi Kebijakan Dana Desa di Desa Neglasari Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor (Bachelor's thesis, FISIP UIN Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42718

Syafarina, R. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten Bandung Barat) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung). http://repository.unpas.ac.id/27743/

Wilsani, W. (2023) Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/56445/

Wulandari, N. D. (2023) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sd Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59520/

Yuliah, E. (2020) Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 129-153. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.58

Peraturan Perundang – Undangan

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022

Pasal 36 dalam Peraturan Pemerintah No. 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>