Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Main Article Content

Iwan Setiawan
Faisal Tri Ramdani
Muhammad Rafli Sultoni
Fadlam Alfi Syahrin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai berbagai aspek kinerja para tenaga kependidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, penelitian ini akan menguraikan berbagai cara yang dapat dilakukan oleh para tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga akan mengidentifikasi faktor hambatan apa saja yang dihadapi oleh tenaga kependidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dalam studi ini, digunakan metode pengumpulan data deskriptif kuantitatif.. Kinerja mencerminkan peran yang dimainkan seseorang dalam organisasi, sementara harapan terkait perilaku dan fungsi yang sesuai dengan tugas yang diberikan disebut sebagai kinerja. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa kinerja tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan mencakup beberapa aspek penting. Pertama, ada Kesesuaian antara aktivitas yang dijalankan oleh tenaga kependidikan dengan tugas-tugas utama dan peran yang telah ditetapkan. Ini menunjukkan bahwa mereka mampu menjalankan tugas sesuai dengan harapan. Selain itu, beban kerja tenaga kependidikan juga sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mereka mampu mengatasi jumlah pekerjaan yang melebihi standar yang ditetapkan dengan cara yang efektif. Dengan kata lain, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan baik meskipun dalam kondisi beban kerja yang tinggi. Selanjutnya, tenaga kependidikan juga mampu memanfaatkan fasilitas yang tersedia untuk melaksanakan tugas dengan efektif. Hal ini menunjukkan bahwa mereka dapat menggunakan sarana yang ada untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan. Secara garis besar, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kinerja tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan ditentukan oleh sejauh mana mereka sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban, beban kerja yang tinggi, dan penggunaan fasilitas secara efektif dalam pelaksanaan tugas-tugas mereka.

Article Details

How to Cite
Setiawan, I., Tri Ramdani, F., Sultoni, M. R. ., & Syahrin, F. A. . (2023). Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Karimah Tauhid, 2(4), 856–865. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9708
Section
Articles

References

(Dina et al., 2022)Akuntansi, G., Di, S. M. K., & Madiun, K. (n.d.). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun ISSN : 1412-629X. 17(02), 14–23.

Ii, B. A. B., & Kinerja, A. (2010). 09410075_Bab_2. 13–59.

Neuroscience, 14(1), 1–13.

(Akuntansi et al., n.d.)Akuntansi, G., Di, S. M. K., & Madiun, K. (n.d.). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun ISSN : 1412-629X. 17(02), 14–23.

Dina, A., Fitri, J., Hakiki, M., Sukatin, M. I., Manajemen, J., & Batang, I. (2022). Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 1(1).

Ii, B. A. B., & Kinerja, A. (2010). 09410075_Bab_2. 13–59.

Purwokerto, I. (2016). No Title. IV(1), 40–62.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Yulianti, H. (2020). Kinerja Tenaga Kependidikan Dalam Pengelolaan Data Sekolah Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Bandar Lampung. Tesis, 1–165.