PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKTA KEMATIAN DI UPT DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL WILAYAH V KABUPATEN BOGOR

Main Article Content

Rizki Safutra
Ginung Pratidina
Faisal Tri Ramdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan Akta Kematian di UPT Dinas Kependudukan Dan Pecatatan Sipil Wilayah V Kabupaten Bogor. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif, sampel yang digunakan sebanyak 51 responden, pengumpulan data  dengan cara kuesioner, wawancara observasi dan studi pustakaan. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel Kinerja Pegawai, memiliki skor rataan sebesar 4,40 masuk kedalam kategori sangat baik sedangkan penilaian terendah terdapat pada dimensi kuantitas pekerjaan yaitu dengan skor sebesar 4,30. Namun demikian dalam kategori yang sangat baik, kinerja pegawai sudah mencapai tingkat yang memuaskan. Pada variabel Kualitas Pelayanan memiliki nilai rataan 4,00 kategori Baik, skor terendah terdapat pada dimensi assurance sebesar 3,7 hal tersebut dikarenakan waktu yang telah ditetapkan tidak sesuai dalam memberikan pelayanan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan sebesar 23,61% sedangkan kontribusi faktor lain sebesar 76,39% yang tidak diteliti.

Article Details

How to Cite
Safutra, R., Ginung Pratidina, & Faisal Tri Ramdani. (2023). PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN AKTA KEMATIAN DI UPT DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL WILAYAH V KABUPATEN BOGOR. Karimah Tauhid, 2(5), 2217–2226. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10577
Section
Articles

References

Anwar Prabu, A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Dinillah, K., Hermawan, D., & Munjin, R. A. (2020). Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP-elektronik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. … Jurnal Administrasi Publik, 2(April), 9–14. https://core.ac.uk/download/pdf/304200974.pdf

Haryati, A. (2019). Dampak Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di PDAM Kota Bogor. Administrasi Publik, 2(2), 99–112.

Marihot, T. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo.

Mulyana. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. PT remaja Rosidakarya.

Mantri, A., Iskandar, A., & Purnamasari, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Pembuatan Kartu Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Kantor Bpjs Kesehatan Kota Bogor. Jurnal Governansi, 3(2), 117–129. https://doi.org/10.30997/jgs.v3i2.937

Silalahi, U., & Atif, N. F. (2015).Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung : Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Tjiptono, F. (2014). Service management Mewujudkan layanan prima. Yogyakarta : Andi Offset.

Tanjung, N. H., Salbiah, E., & Apriliani, A. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (Kk) Pada Kantor Kecamatan. Jurnal Governansi, 8(2), 141–152. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i2.5438

Widya, A., Dinantia, H. A., & Arifin, A. L. (2023). Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Tata Usaha Terhadap Kepuasan Guru Dan Orang Tua Murid SMA Negeri 70 Jakarta Program Studi Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI , Indonesia. 3(1), 1–8.

Most read articles by the same author(s)