Kualitas Pelayanan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Main Article Content

Ibnu Quainy Mizanullah
Ginung Pratidina
Neng Virly Apriliani

Abstract

Program BLT merupakan salah satu program nasional pemerintah Indonesia yang dikelola oleh pemerintahan desa untuk diberikan pada masyarakat yang tidak mampu. Adapun dalam proses pelayanannya pemerintah desa bertanggung jawab penuh atas penentuan kriteria penerima BLT yang telah ditentukan walaupun pada kenyataannya ketercapaian tepat sasaran masih belum optimal dikarenakan adanya kesetaraan dalam factor social ekonomi yang cenderung sama sehingga terdapat kesulitan dalam penentuan penerima BLT dengan adanya keterbatasan anggaran. Oleh karena itu, dalam pelayanannya haruslah melaksanakan kualitas pelayanan yang prima. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis lebih lanjut terkait dengan kualitas pelayanan dalam penyaluran dana BLT di Desa Waru Jaya Parung Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dalam penyaluran dana BLT mempunyai nilai akhir rata-rata 3,75 dengan kriteria baik. Adapun penilaian tertinggi terdapat pada dimensi tangible dan emphaty dengan skor nilai rata-rata 3,79 kriteria nilai baik dan dimensi dengan penilaian terendah terdapat pada dimensi reliability dengan skor nilai rata-rata 3,66 kriteria nilai baik.

Article Details

How to Cite
Quainy Mizanullah, I., Ginung Pratidina, & Neng Virly Apriliani. (2023). Kualitas Pelayanan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Karimah Tauhid, 2(6), 2371–2378. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10698
Section
Articles

References

Dinillah, Kunco, Denny Hermawan, and R. Akhmad Munjin. "Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP-elektronik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor." ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik 2.1 (2019): 9-14.

Dwiyanto, Agus. 2015. Manajemen Pelayan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Kristina, Lulu, Rita Rahmawati, and Euis Salbiah. "Peningkatan kualitas pelayanan IMB dalam meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Bogor diwilayah Kecamatan Bogor Timur." Jurnal Governansi 4.1 (2018): 33-44.

Litjan Poltak Sinambela, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik Teori,Kebijakan, Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Pratami, M., Ranbilal, R., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online. KARIMAH TAUHID, 2(1), 60-75.

Rangan, G. A. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kanaan Kecamatan Bontang Barat. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Kanaan Kecamatan Bontang Barat, 8(2), 507-520.

Sholehah, A. Z., Susanto, C. Z., Qotrunada, R., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. KARIMAH TAUHID, 2(1), 352–359. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.8027

Utami, A. A., Hernawan, D., & Purnamasari, I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang. Jurnal Governansi, 6(2).

Wahyudin, C. (2022). Implementation Of Online Annual Motor Vehicle Tax Payment Services In The Cibadak Samsat Area, Sukabumi Regency. Journal of Multidisciplinary Science, 1(2), 64-70.