PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENDISTRIBUSIAN BANTUAN MUSHAF PADA UNIT PERCETAKAN AL-QUR’AN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA

Main Article Content

Rita Rahmawati
Ginung Pratidina
Muhammad Rizki Fardan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pendistribusian Bantuan Mushaf pada Unit Percetakan Al-Qur’an Kementerian Agama RI”.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara variabel (x) Kualitas Pelayanan terhadap variabel (y) Kepuasan Masyarakat Metode Penelitian yang dipakai yaitu metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner, observasi dan wawancara. Sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Incidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari populasi sebanyak 502 pemohon. Untuk mengukur variabel kualitas pelayanan peneliti menggunakan teori Zeithaml dan Berry (1988). Sedangkan untuk mengukur variabel kepuasan masyarakat, peneliti menggunakan teori PERMENPAN RB Nomor 14 Tahun 2017. Berdasarkan hasil hitung melalui berbagai uji statistik diperoleh hasil sebesar 74% yang artinya terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat., sedangkan sebesar 26% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Article Details

How to Cite
Rita Rahmawati, Ginung Pratidina, & Fardan, M. R. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENDISTRIBUSIAN BANTUAN MUSHAF PADA UNIT PERCETAKAN AL-QUR’AN KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA. Karimah Tauhid, 2(5), 2294–2312. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10635
Section
Articles

References

Aji, H., Jamaluddin , M. M., Rofiq, M., & Aziz, A. A. (2021). Urgensi Pemenuhan Kebutuhan Mushaf Al-Qur'an sebagai Upaya Peningkatan Literasi Keagamaan di Indonesia. Bimas Islam, 15(1), 1-32.

Anwar, A., Rachmalwalti, I., & Nur, T. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa terhadap Kepuasan Pelanggan. Governansi, 9(1), 7-17.

Mantri, A., Iskandar, A. B., & Purnamasari, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Pembuatan Kartu Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kantor BPJS Kesehatan Kota Bogor. Governansi, 117-129.

Nafsiah, Elly., Siregar, Tiur Malasari. 2023.Pengembangan Media Pembelajaran Digital melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jurripen. 2(2), 39-51.

Septiany, S. R., Maksudi, B. I., & Purnamasari, I. (2016). Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Governansi, 2(1), 31-40.

Siregar, R. O., Nur, T., & Meigawati , D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (KK) terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencataltan Sipil. Governalnsi, 9(1), 61-70.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, I., Rahmawati, R., & Pratidina, G. (2018). Model Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor yang Berdampak Pada Kepuasan Masyarakat Wajib Pajak di SAMSAT Kota Bogor. Governansi, 4(2), 77-86.

Winawirawan, G., Munjin, R., & Purnamasari, I. (2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Laboratorium Klinik pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Bogor. Governansi, 3(2), 99-106.

Zulkifli. (2020). Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Bagian Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Syarikat Rumpun Ekonomi Syariah, 3(1), 1-9.