KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN BINTARA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DI SEKOLAH POLISI NEGARA (SPN) LIDO POLDA METRO JAYA
Main Article Content
Abstract
Dalam proses pelaksanaan proses pendidikan dan pelatihan Bintara Polri dan pelatihan fungsi teknis kepolisian ditemukan bahwa dalam proses belajar mengajar masih banyak kendala. Persoalan penyelenggaraan pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang mengakibatkan kurang optimalnya mutu hasil belajar peserta didik karena beberapa faktor yang menghambat terselenggaranya pelayanan pendidikan, harus mendapat perhatian serius dari unsur penyelenggara pendidikan seperti pendidik dan tenaga kependidikan. dalam pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia di Akademi Kepolisian Negara (SPN) Lido Polda Metro Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang dipadukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket dan observasi langsung sebagai data primer, dilengkapi dengan desk study dan desk study sebagai data sekunder. Teknik analisis data menggunakan perhitungan skor rata-rata tertimbang (WMS). Hasil yang dikeluarkan peneliti terhadap mutu pelayanan pendidikan Kepolisian Negara Republik Indonesia di Akademi Kepolisian Negara (SPN) Lido Polda Metro Jaya, menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,08 dengan kriteria penilaian Baik berdasarkan aspek fisik (tangible). bukti, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.Dalam proses pelaksanaan proses pendidikan dan pelatihan Bintara Polri dan pelatihan fungsi teknis kepolisian ditemukan bahwa dalam proses belajar mengajar masih banyak kendala. Persoalan penyelenggaraan pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang mengakibatkan kurang optimalnya mutu hasil belajar peserta didik karena beberapa faktor yang menghambat terselenggaranya pelayanan pendidikan, harus mendapat perhatian serius dari unsur penyelenggara pendidikan seperti pendidik dan tenaga kependidikan. dalam pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia di Akademi Kepolisian Negara (SPN) Lido Polda Metro Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang dipadukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket dan observasi langsung sebagai data primer, dilengkapi dengan desk study dan desk study sebagai data sekunder. Teknik analisis data menggunakan perhitungan skor rata-rata tertimbang (WMS). Hasil yang dikeluarkan peneliti terhadap mutu pelayanan pendidikan Kepolisian Negara Republik Indonesia di Akademi Kepolisian Negara (SPN) Lido Polda Metro Jaya, menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,08 dengan kriteria penilaian Baik berdasarkan aspek fisik (tangible). bukti, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad Tohardi, (2002), Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Tanjung Pura, Mandar Maju, Bandung.
Djamaan Satori, dan Aan Komariah, 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Etzioni, Amitai. 1995. Manajemen Kualitas, Gramedia. Jakarta
Heidjrachman dan Husnan, Suad, 2002, Manajemen Personalia. BPFEYogyakarta.
Moekjizat. 1995, Latihan dan Pengembangan SDM, Mandar Maju.
Mundell, Marvin E. (1983), Improving Productivity And Effectiveness, New Jersey, USA, Prentice Hall.
Pengukuran dan Implementasi Dalam Organisasi. Yogyakarta: Pustaka
Pergub No. 47 Tahun 2014 tentang tambahan penghasilan PNS
Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta : BPFE
Robbins, SP, 1994, Perlaku Organisasi : Konsep Kontroversi, Aplikasi, ED Indonesia, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Silalahi, Ulber. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung; PT. Refika Aditama.
Steer, R.M (1997). Efektivitas Organisasi; Kajian Pelayanan. BPFE Terjemahan Erlangga. Jakarta
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Alphabeta. Bandung TAP MPR Nomor X Tahun 1998
Thoha, Miftah, 2000, Deregulasi dan Debirokratisasi dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Masyarakat: dalam Pembangunan Administrasi di Indonesia, LP3ES, Jakarta
Setyawati Indah . 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Words Of Mouth (Studi pada Pasien Rawat Jalan RS. Bhakti Wira Tamtama Semarang). Tesis, Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponogoro, Semarang
Yulandari, Ariefah. 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Garuda Indonesia Airways Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol.2, No.3, Hal. 170-110
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. 2005. CV. Alfabeta : Bandung.
Swastha, Basu. 2000. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFEUGM.
Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa, Yogyakarta: BPFE.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta
Setiaji, Bambang. 2006. Pedoman Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif, Surakarta: Muhammaddiyah University Press.
UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN
UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik