Makna Selebrasi Gol Sujud Mohammad Salah Melalui Komponen Kognitif (Analisis Kesesuaian Osgood dan Tanneunbaum)

Main Article Content

Agung Muhamad Budiarsyah
Denny Hernawan
Koesworo Setiawan

Abstract

Mohammad Salah merupakan pemain sepakbola muslim yang selalu melakukan selebrasi sujud setelah mencetak gol. Selebrasi membawa efek positif bagi masyarakat Inggris dan Eropa. Penelitian ini bertujuan mengetahui makna selebrasi gol sujud Mohamad Salah melalui komponen kognitif dalam Teori Kesesuaian Osgood dan Tanneunbaeum. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi dan wawancara mendalam terhadap lima mahasiswa Fisipkom Unida dan tiga fans club Liverpool Indonesia. Hasilnya, selebrasi membentuk persepsi yang bersifat mendukung. Makna yang diterima penonton (komunikan) sesuai dengan yang maksud oleh Salah sebagai komunikator. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat kesesuaian (asosiatif) antara makna selebrasi gol sujud Mohammad Salah dengan persepsi informan kunci dan pendukung

Article Details

How to Cite
Budiarsyah, A. M. ., Denny Hernawan, & Koesworo Setiawan. (2023). Makna Selebrasi Gol Sujud Mohammad Salah Melalui Komponen Kognitif (Analisis Kesesuaian Osgood dan Tanneunbaum). Karimah Tauhid, 2(4), 1115–1130. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9980
Section
Articles

References

Agustian, W. 2020. Sujud Syukur Mohamed Salah Usai Liverpool Menang 7-0, dalam https://bola.okezone.com/read/2020/12/20/45/2330993/sujud-syukur-mohamed-salah-usai-liverpool-menang-7-0

Azwar, S. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Bungin, B. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Dataindonesia. 2022. Mayoritas Penduduk Indonesia Beragama Islam pada 2022, dalam https://dataindonesia.id/varia/detail/mayoritas-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-2022

Daryanto, & Rahardjo, M. 2016. Teori Komunikasi. Yogyakarta:Gava Media.

Elmubarok, Z. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Faizal, W. 2020. “Berkah Mohamed Salah Mengikis Islamofobia di Eropa”

https://tirto.id/berkah-mohamed-salah-mengikis-islamofobia-di-eropa-fevE

Hilal, A. H. & Alabri. S.S. 2013. Using NVIVO for Data Analysis in Qualitative Research. International Interdisciplinary. Journal of Education, Vol 2, Issue 2, Hlm. 181—186.

Ipsos, 2022. More than half of adults across 34 countries plan to watch the 2022 FIFA World Cup dalam https://www.ipsos.com/en/2022-fifa-world-cup-global-advisor, diakses pada 10 November 2022

Kusdaroji. 2020. “Berkat Mohamed Salah Pandangan Pria Ini Terhadap Islam Berubah Total” dalam https://bolastylo.bolasport.com/read/172220697/berkat-mohamed-salah-pandangan-pria-ini-terhadap-islam-berubah-total?page=all

Kuswarno, E. 2009. Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjajaran

Kusumawati, T.I. 2016. Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan dan Konseling

Mahares, J. 2017. “Mohamed Salah dan Selebrasi Sujud Syukur” dalam https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20170623130157-142-223774/mohamed-salah-dan-selebrasi-sujud-syukur

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Narimawati, U. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori Dan Aplikasi. Bandung: Agung Media

Nalley, S. 2014. Simbol dan Pesan dalam Selebrasi Gol Kontroversi Pemain Bola: kajian analisis semiotik pada selebrasi kontroversi yang dilakukan oleh pemain bola (Doctoral dissertation, Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW).

Nugroho, W. 2005. Teori Komunikasi Verbal dan Nonverbal.

Nuralam, C. 2020. “Dahsyatnya Efek Sujud yang Dilakukan Bintang Liverpool Mohamed Salah”, dalam https://www.liputan6.com/ramadan/read/4248879/dahsyatnya-efek-sujud-yang-dilakukan-bintang-liverpool-mohamed-salah

Pradipta, A. 2020. “Bukti Pentingnya Kehadiran Mohamed Salah di Liverpool” dalam https://bola.kompas.com/read/2020/06/16/06300088/bukti-pentingnya-kehadiran-mohamed-salah-di-liverpool?page=all

Ramdani. 2021. “Awalnya Dikira Cium Tanah Ini Makna Selebrasi Sujud Mohamed Salah” dalam https://bola.okezone.com/read/2021/01/21/45/2348411/awalnya-dikira-cium-tanah-ini-makna-selebrasi-sujud-mohamed-salah

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel- variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rahardjo, M. 2011. Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Dalam mudjiarahardjo.uin-malang.ac.id. diakses 11 21, 2012.

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Steward, 2001. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, Grasindo.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Zuhaili, W. 2013. Tafsir al Munir Jilid 15, Terj. Abdul Hayyie al Kattani dkk. Jakarta: GemaInsani, dalam Nurmansyah, I., & Oktaviana, S. K. (2023). Urgensi Belajar dan Bersujud dalam QS. al-‘Alaq Ayat 1 dan 19: Kajian Munasabah Al-Qur’an. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 2(1), 82-90.

Zuriah, N. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan Mengagas platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan futuristik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)