Persepsi Mahasiswa terhadap Talk Show Mata Najwa di Trans7 Sebagai Media Informasi Politik

Main Article Content

Jayanti Magdalena Isa
Koesworo Setiawan
Agustini

Abstract

Program talk show di televisi berkembang menjadi salah satu rujukan publik dalam mencari referensi informasi, termasuk berita politik. Penelitian ini menelaah program Talk Show Mata Najwa (TSMN) yang banyak membahas isu-isu politik dan bagaimama program ini membentuk persepsi di kalangan mahasiswa. Penelitian fokus pada aspek personalitas Najwa Shihab sebagai host dan penyajian program. Adapun konsep operasional untuk menelaah persepsi mahasiswa adalah pemikiran, kesiapan, kebutuhan, sistem nilai, dan tipe kepribadian. Data dikumpulkan dari 11 mahasiswa Program Studi Sains Komunikasi FISIPKOM Universitas Djuandaa Bogor dengan menggunakan wawancara terstruktur. Hasilnya, kepribadian Najwa dicirikan sebagai sosok presenter yang tidak hanya cantik namun juga cerdas dan profesional. Penyajian program menampilkan narasumber yang kredibel, dan dipandu dengan pertanyaan yang berbobot. Kesimpulannya, program ini dinilai layak menjadi referensi berita politik bagi mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Isa, J. M. ., Koesworo Setiawan, & Agustini. (2023). Persepsi Mahasiswa terhadap Talk Show Mata Najwa di Trans7 Sebagai Media Informasi Politik. Karimah Tauhid, 2(4), 1131–1145. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9981
Section
Articles

References

Achmad, B. (2016). Kesesuaian Isi Talk show Mata Najwa Di Metro Tv Dengan Syarat- Syarat Karya Jurnalistik Achmad Budiman Sudarsono. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2, 36–45.

Anshori, M. (2019). Proses Produksi Program Talk show “Fokus Dialog” di Televisi Tanjungpinang ( Tv Tpi ). 3766.

Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Factor Analysis That Effect University Studen Perception In Untirta About Existance Of Region. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 88–101.

Arini, D. P. (2021). Emerging Adulthood : Pengembangan Teori Erikson Mengenai Teori Psikososial Pada Abad 21. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(01), 11–20.

Awal, M. R. (2021). Satire Dalam Program Acara Talk show Mata Najwa (Analisis Isi Padatayangan Mata Najwa “Kiamat Pemberantasan Korupsi” Di Trans 7) Episode 18 September 2019.

Batubara, A. K. (2011). Diktat Media Komunikasi. Medan, 2–4, 5–7.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). 1787-Article Text-7586-1-10-20180522. Bikotetik, 02(3), 73–80.

Ika. (2021). Jabatan Presiden 3 Periode Langgar Pembatasan Kekuasaan. Ugm.Ac.Id.

Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan. 176–188.

Kitsa, M., & Kul, M. (2021). Cultural And Entertainment Programs On Television: Problems And Prospects Of Functioning. Bulletin Of Lviv Polytechnic National University: Journalism, 1(2), 17–23.

Kristanty, S. (2017). Pengemasan Talk show Dalam Perspektif Manajemen Penyiaran Televisi (Studi Kasus Pada Program “Polemik On Tv” Di Inews Tv, Jakarta Untuk Meningkatkan Rating Dan Share). Interkomunika, 2(1), 47.

Landabidea Urresti, X., & Loos, E. (2015). Contemporary Meanings And Experiences Of Television In The Digital Age. International Journal Of Digital Television, 6(1), 43–60.

Lesmana, T. (2013). Kebebasan Pers Dilihat Dari Perspektif Konflik, Antara Kebebasan Dan Tertib Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 1–13.

Marwan, A., Buldani, K., & Ansyorie, C. (2019). Pengaruh Tayangan Talk show “Indonesia Lawyers Club” Terhadap Pendidikan Politik Mahasiswa. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(2), 59–67.

Mcdonald, S. M. (2011). Perception: A Concept Analysis 1. May, 1–18.

Mtandika, N. (2013). The Role Of Entertainment Television Programmes In Shaping Social Behaviour Of Children: A Case Of Kinondnoni Municipality In Dar Es Salaam Region. 7(2006), 161–177.

Paputungan, R., Himpong, M., & Tekkay, A. (2017). Persepsi Masyarakat Tentang Talk show “Mata Nadjwa” Di Metro Tv (Studi Pada Masyarakat Bahu Kecamatan Malalayang). Acta Diurna Komunikasi, 6(2), 1–17.

Raenaldi, R. (2020). Ius Constituendum Masa Jabatan Presiden Republik Indonesia Perspektif Fiqih Siyasah. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9.

Rahayu, D. (2020). Analisis Pencapaian Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Raden Fatah Palembang.

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 5(1), 274–282.

Rauf, M. A. A., & Rado. Rudini Hasyim. (2022). Menakar Peluang Masa Jabatan Presiden 3 Periode Dalam Konfigurasi Politik Hukum. Al-Adalah : Jurnal Hukum Dan Politik Islam, 7, 30–47.

Rizal, M. (2013). Analisis Program Mata Najwa Episode, repository Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta.

Santoso, A. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Talk show Mata Najwa Di Metro Tv (Study Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa LPM Pabelan UMS Terhadap Mata Najwa Periode 18 November 2015 - 15 Maret 2016). Publikasi Ilmiah, November 2015, 17.

Shambodo, Y. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang UGM Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 98. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.464

Wijaya, E. (2020). Media Televisi Sebagai Sumber Informasi Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan (Tourism Destination) Di Bandung (Studi Kasus Program Magazine City Guide di Sunda Kiwari TV). J-Ika, 7(1), 33–40.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>