Kognisi Sosial dalam Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk pada Pemberitaan Wacana Difabel Netra di Media Online Sukabumiupdate.com

Main Article Content

Abdulloh Abdul Mugni
Agustini
Muhammad Luthfie

Abstract

Media online menjadi penting kehadirannya dalam proses mewacanakan sesuatu kepada publik. Melalui berita suatu wacana dapat diproses dengan baik  yang didasarkan pada bagaimana pandangan penulis digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan peristiwa. Pemberitaan wacana difabel netra dalam media online saat ini masih didominasi dengan wacana yang mengarahkan difabel netra sebagai individu atau kelompok yang memerlukan bantuan orang lain sehingga pada akhirnya perlu dikasihani atau dalam kata lain diarahkan pada bentuk charity. Pada konteks pemberitaan wacana difabel netra di media online Sukabumiupdate.com, didapati hal yang serupa sebagaimana disampaikan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kognisi sosial dalam analisis wacana kritis teori struktur mental jurnalistik Teun A. Van Dijk. Wawancara ekstensif dan analisis tekstual digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan temuan tersebut, jurnalis mendasarkan pemberitaannya pada wacana mengenai penyandang disabilitas tunanetra berdasarkan skema peran, skema peristiwa, dan skema orang.

Article Details

How to Cite
Mugni, A. A., Agustini, & Luthfie, M. (2024). Kognisi Sosial dalam Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk pada Pemberitaan Wacana Difabel Netra di Media Online Sukabumiupdate.com. Karimah Tauhid, 3(6), 6352–6358. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13567
Section
Articles

References

Burch, L, F. (2017). Governmentality of Adulthood: a Critical Discourse Analysis of The 2014 Special Educational Needs and Disability Code of Practice. Journal of Disability and Society. (Vol. 33, Issue 1). https://doi.org/10.1080/09687599.2017.1383231. England: Routledge Publication.

Eriyanto. (2015). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Group.

Prihartono, R., & Suharyo, S. (2022). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk dalam “#DebatKeren Papua – Budiman Sudjatmiko VS Dandhy Laksono (Kajian Analisis Wacana Kritis). Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya. (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.14710/wjsbb.2022.16367.

Rusadi, U. (2015). Kajian Media: Isu Ideologis dalam Perspektif Teori dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>