Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Loyalitas Karyawan Madani Pet Shop Bogor

Main Article Content

Desi Hasbiyah
Vira Tiara Putri
Muhammad Luthfie

Abstract

Sejalan dengan perkembangan zaman dan kemajuan peradaban manusia, kita menyaksikan peningkatan signifikan dalam tingkat konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan tersier. Prioritas dalam mengatasi keinginan ini berkisar luas, terpengaruh oleh faktor-faktor seperti hobi, tingkat pendapatan, dan status sosial yang beragam. Pada tahun 2020, Indonesia, seperti negara-negara lain di seluruh dunia, menghadapi kemunculan virus corona yang mengubah perilaku manusia secara menyeluruh. Kebijakan lockdown atau "di rumah saja" mendorong berbagai orang untuk melakukan kegiatan hanya di dalam rumah mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti akan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan informan dan melakukan observasi langsung terhadap objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal karyawan Madani Pet Shop Bogor, faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi interpersonal di Madani Pet Shop Bogor, dan komunikasi interpersonal dalam meningkatkan loyalitas karyawan Madani Pet Shop Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal karyawan Madani Pet Shop Bogor sudah cukup baik. Faktor-faktor yang memengaruhi komunikasi interpersonal di Madani Pet Shop Bogor adalah keterampilan komunikasi interpersonal, sikap positif, dan lingkungan kerja yang kondusif. komunikasi interpersonal dalam meningkatkan loyalitas karyawan Madani Pet Shop Bogor terbukti signifikan.

Article Details

How to Cite
Hasbiyah, D., Putri, V. T. ., & Luthfie, M. (2024). Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Loyalitas Karyawan Madani Pet Shop Bogor. Karimah Tauhid, 3(1), 1258–1264. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11505
Section
Articles

References

Argenti, Paul A. (2003), Corporate Communication, 3rd ed., New York : McGraw-Hill Companies Inc.

Booth, Anthony (1988), The Communications Audit: A Guide for Managers, Hants, England: Gower Publishing Company Ltd.

Devito, Joseph. A. 2014. Komunikasi Antarmanusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group And Marketing Professionals. Procedia Computer Science,

Hardjana, Andre, 2000, “Audit Komunikasi : Teori dan Praktek”, Grasindo, Grafindo Persada, Jakarta

Hardjana, Andre, 2015, “Komunikasi Organisasi : Strategi dan Kompetensi”,

Harun, Roehajat dan Ardianto Elvinaro, 2012, “Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial : Perspektif Dominan Kaji Ulang dan Teori Kritis””,

Hasibuan, Malayu S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, A. S. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dan Turnover Intention. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, Https://Doi.Org/10.25105/Jmpj.V11i1.2516 11(1), 51.

Hogard, E. & Ellis, R. (2006). Evaluation and Communication : Using a Communication Audit to Evaluate Organizational Communication. Evaluation Review, Vol.30. 171-187.

Jewell, L. N. dan Siegall, M. 1998. Psikologi Industri/Organisasi Modern: Psikologi Penerapan untuk Memecahkan Berbagai Masalah di Tempat Kerja, Perusahaan, Industri dan Organisasi. Jakarta: Arcan.

Mathis.L.Robert dan Jackson.H.John. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, L. J. (2017) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 114

Morissan, M. (2008). Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta : Kencana Prenamedia Group.

Mutuku, C. K., & Mathooko, P. (2014). Effects Of Organizational Nokia Siemens Networks Kenya. International Academic Journal Of Information Sciences And Project Management, 1(3), 28–62.

Oliver, S. (2004). Handbook of Corporate Communication and Public Relation : Pure and Applied. London : Routladge.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P. dan Judge, Timothy A. 2009. Organizational Behavior. USA: Pearson International Edition Prentice-Hall.

Ronald, Sukwadi dan Milkha, Meliana. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja dan Turnover Intention Karyawan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Rekayasa Sistem Industri Vol.3 No.1.

Ruliana, Poppy, 2014, “Komunikasi Organisasi : Teori dan Studi Kasus”, Raja

Sanjeev, M. A. (2017). Impact Of Individual And Employment Communication On Employee Motivation: A Case Study Of

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sutrisno. (2013). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 16–30.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>