Pengaruh Desain Kemasan Produk “Esteh Indonesia” Melalui Fitur Shopeefood Terhadap Minat Beli Konsumen

Authors

  • Muhamad Yusuf Suferi Ferdiansyah Universitas Djuanda
  • Desi Hasbiyah Universitas Djuanda
  • Agustina Multi Purnomo Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12262

Keywords:

Desain Kemasan, EsTeh Indonesia, ShopeeFood, Minat Beli

Abstract

Teknologi yang semakin maju, dibuktikan dengan meningkatnya penggunaan smartphone dan internet, telah mengubah perilaku masyarakat dalam berbelanja. Masyarakat menginginkan kemudahan dalam melakukan pembelian dan transaksi, dan era digital ini memungkinkan mereka untuk melakukannya hanya dengan melalui telepon genggam. Indonesia, sebagai salah satu pasar daring terbesar di dunia, telah mengalami perubahan signifikan dalam tren belanja online sejak awal kemunculannya. Dari layanan pesan seperti Blackberry Messenger, kemudian beralih ke situs web dan aplikasi seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, perkembangan e-commerce di Indonesia terus berkembang pesat. Studi ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan maksud untuk memahami dampak desain kemasan produk minuman Esteh Indonesia terhadap ketertarikan pembelian melalui fitur ShopeeFood. Temuan penelitian menunjukkan bahwa desain kemasan produk minuman Esteh Indonesia memiliki pengaruh sebesar 57,9% terhadap ketertarikan pembelian konsumen melalui fitur ShopeeFood.

References

Alfadila, M., Setiawan, K., & Purnomo, A. M. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth Instagram@ Desawisatabatulayang Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan. Karimah Tauhid, 2(6), 2660-2667.

Amri, A. (2020). Pengaruh periklanan melalui media sosial terhadap UMKM di Indonesia di masa pandemi. Jurnal Brand, 2(1), 123-130.

Anggraini, G., Amalia, D., Hermawan, F., & Ismiyati, I. (2017). Standar Revitalisasi Pasa Tradisional Di Indonesia (Studi Kasus Pasar Tradisional Di Kota Semarang). Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(1), 12-22.

Cahyorini, A., & Rusfian, E. Z. (2012). The effect of packaging design on impulsive buying. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 18(1), 2.

Erlyana, Y. (2019, February). Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model View: Studi Kasus Keripik Maicih. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 2, pp. 302-308).

Fauziyah, I. A. E., Hasbiyah, D., & Purnomo, A. M. (2023). Personal Karakter Ijonk Make Up Artist Pada Penggunaan Jasa Ijonk Wedding Organizer Dalam Membangun Minat Pelanggan. KARIMAH TAUHID, 2(5), 2360-2370.

Maulani, A. N., Fetrianggi, R., & Prana, I. S. (2021). Analisis pengaruh desain kemasan dan brand image kopi Good Day pada minat beli konsumen. Finder: Journal of Visual Communication Design, 1(1).

Nadhiyyah, E. (2022). Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli" Mie Talas Beneng" Umkm Bumi Pangan Lokal Kabupaten Pandeglang (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Na’imah, L. M., & Rahmadhani, E. (2022). Pengaruh Besar Desain Produk terhadap Minat Konsumen Pecinta Teh Poci. Jurnal Mahasiswa Manajemen UNITA, 1(1), 24-31.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.

Nurani, S., Purnomo, A. M., & Setiawan, K. (2023). Pengaruh Perilaku Emosional Mahasiswa Kota Bogor Terhadap Podcast Spotify Rintik Sedu. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2909-2918.

Purnomo, A. M., & Musyafi, R. A. (2022). SOCIOLOGY APPROACH IN FOOD SOUVENIR INNOVATION: THE CUSTOMER-PRODUCERS RELATION ON ONLINE MARKETING COMMUNICATION. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 4(3), 165-177.

Purnomo, A. M. (2023). Social Factors and Social Media Usage Activities on Customer Path 5A Continuity Due to E-Marketing Communication. International Journal of Social Science and Business, 7(1).

Sulistyari, I. N., & YOESTINI, Y. (2012). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli produk oriflame (studi kasus mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Urva, G., & Siregar, H. F. (2015). Pemodelan uml e-marketing minyak goreng. Jurteksi Royal Edisi2.

Wardani, P. A. K., Reinaldy, F. R., & Tyas, I. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Makanan Dengan Menggunakan Jasa ShopeeFood. Literasi: Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(1), 163-192.

Yuniar, S. A., & Basuki, R. S. (2021). Pengaruh Desain Kemasan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Mahasiswi D4 Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), 113-116.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Ferdiansyah, M. Y. S., Hasbiyah, D., & Purnomo, A. M. (2024). Pengaruh Desain Kemasan Produk “Esteh Indonesia” Melalui Fitur Shopeefood Terhadap Minat Beli Konsumen. Karimah Tauhid, 3(3), 2749–2758. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12262
Abstract viewed = 28 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>