Penerapan Komunikasi Non Verbal di Yayasan Penyandang Disabilitas

Main Article Content

Rafli Andreansyah
Agustina Multi Purnomo
Koesworo Setiawan

Abstract

Penyandang disabilitas rungu dan wicara memiliki keterbatasan dalam kemampuan berbicara dan mendengar yang baik, sehingga kesulitan untuk berkomunikasi dan hambatan dalam berpatisipasi khususnya dalam pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menggambarkan komunikasi non-verbal antara pendamping dan anak penyandang disabilitas rungu wicara dalam program Calistung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu, jenis penelitian yang berusaha mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan fakta-fakta yang ditemukan melalui observasi, wawancara, dan kajian pustaka. Hasil penelitian ini adalah komunikasi non-verbal antara pendamping dan anak disabilitas rungu wicara mengacu pada komunikasi non-verbal dari Mark Knapp yaitu pengulangan (repeating), subsitusi (subtitution), kontradiksi (contradicting), melengkapi (complementing), dan menekankan (accenting). Komunikasi non-verbal yang dilakukan antara pendamping dan anak disabilitas rungu wicara dalam program Calistung menggunakan, bahasa tubuh, emosi, ekspresi wajah, dan gerakan. 

Article Details

How to Cite
Andreansyah, R., Purnomo, A. M., & Setiawan, K. (2024). Penerapan Komunikasi Non Verbal di Yayasan Penyandang Disabilitas . Karimah Tauhid, 3(1), 726–738. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11514
Section
Articles

References

Arfiudin, M. B., & Yuliastrid, D. (2021). Tingkat Antusiasme Siswa Tuna Rungu dan Tuna Wicara Terhadap Pengembangan Permainan Olahraga Adaptif SDLB Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Kesahatan Oalahraga, 175-182.

Kurniati, D. P. (2016). Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 1-32.

Mardalis. (2014). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal . Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyani, S. R., Muis, S. F., & Rahmawati. (2022). Strategi Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Meningkatkan Skill Public Speaking Santri Smk Life Skill Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah Meyarsa, 9-23.

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Meilani, F. (2021). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Pustakawan dan Pemustaka Dalam Perspektif Komunikasi Islam. Jurnal Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 22-36.

Purnomo, A. M., Pratidina, G., & Setiawan, M. F. (2022). Komunikasi Pemasaran Perusahaan Pasca Pandemi: Studi Respon Pelanggan Terhadap Pesan Di Instagram. Jurnal Komunikatio, 8(2), 103-113.

Setyawan, A. (2019). Komunikasi Antar Pribadi Non Verbal Penyandang Disabilitas di Deaf Finger Talk. Jurnal Kajian Ilmiah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, 165-174.

Siregar, S. (2017). Metode Pemilihan Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>