Pengaruh Kredibilitas Sumber Konten Youtube Kegiatan Santri Terhadap Relevansi Minat Untuk Subscribe

Main Article Content

Moh Syifaatul Karim
Agustini
Koesworo Setiawan

Abstract

Kredibilitas sumber dianggap sebagai faktor kunci yang mempengaruhi kepercayaan dan ketertarikan khalayak untuk berlangganan pada kanal youtube tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas sumber pada konten youtube kegiatan santri terhadap relevansi minat untuk subscribe. Metodologi penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data sekunder dengan kuesioner dan data primer dengan jurnal online, publikasi, dan buku. Teknik analisis data penelitian menerapkan pengukuran skala likert, WMS, dan uji statistik pengaruh regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji pengaruh (Uji T). Hasil penelitian membuktikan bahwa kredibilitas sumber pada konten youtube kegiatan santri berpengaruh positif dan signifikan terhadap relevansi minat untuk subscribe. Adapun hasil rekapitulasi variabel X dengan skor 4,06 dinyatakan baik, dan variabel Y dengan skor 4,14 dinyatakan baik. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan Variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 73,3%. Kesimpulannya terdapat pengaruh kredibilitas sumber pada konten youtube kegiatan santri terhadap relevansi minat untuk subscribe.

Article Details

How to Cite
Karim, M. S., Agustini, & Setiawan, K. . (2024). Pengaruh Kredibilitas Sumber Konten Youtube Kegiatan Santri Terhadap Relevansi Minat Untuk Subscribe. Karimah Tauhid, 3(1), 620–631. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11630
Section
Articles

References

Ahmed, N. (2014). Credibility of Celebrity Endorsement and buying intentions an Evidence From Student of Islamabad, Pakistan. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 1-13.

Bianca, N. A., Ali, M., & Ramadhan, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Menurut KH. Hasan Abdullah Sahal. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-6.

Chiang, H., & Hsio, K. (2015). Kelengketan Youtube: Perspektif Kebutuhan, Pribadi dan Lingkungan. Riset Internet, 85-106.

Herman, D. (2013). Sejarah Pesantren Di Indonesia. Jurnal Al-Ta'dib, 145.

Irham, A. M. (2022). Tingkat Kredibilitas Informasi Pembaca di Media Sosial Instagram @Depok24jam Bagi Followers. Universitas Nasional, 5-15.

Jurnaiti, Lubis, A. R., & Hafasnudin. (2017). Pengaruh Consumer Involvement, Kredibilitas Sumber Informasi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (studi pada konsumen obat pada apotek di kota Banda Aceh). Jurnal Perspektif Manajemen dan Perbankan, 135-157.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2017). Semarang: Widya Karya.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial (perspektif Komunikasi, Budaya, dan sosioteknologi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Winoto, Y. (2015). Penerapan Teori Kredibilitas Sumber (Source Of Credibility) Dalam Penelitian-Penelitian Layanan Perpustakaan. EduLib, 13-14.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>