PENGARUH VERBALISASI PESAN DALAM KAMPANYE #PAKAISAMPAIHABIS DI AKUN INSTAGRAM @LYFEWITHLESS TERHADAP KESADARAN FOLLOWERS MENGKONSUMSI PRODUK KECANTIKAN

Main Article Content

Yunita
Koesworo Setiawan
Agustini

Abstract

Meningkatnya limbah industri kecantikan akibat tren penggunaan produk kecantikan di Indonesia, sayangnya tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat terhadap dampak lingkungan yang ditimbulkan. Kampanye #PakaiSampaiHabis berupaya menumbuhkan kesadaran agar memakai produk kecantikan dengan bijak melalui penyebaran pesan kampanye di Instagram @lyfewithless. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk mengetahui pengaruh verbalisasi pesan dalam kampanye #PakaiSampaiHabis di akun Instagram @lyfewithless terhadap kesadaran followers mengkonsumsi produk kecantikan. Data primer diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada 100 followers dan wawancara, sedangkan data sekundernya diperoleh melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana, Koefisien Determinasi, dan Uji Signifikansi Parsial. Hasil penelitian menunjukkan, verbalisasi pesan #PakaiSampaiHabis berperan sebesar 64,6% dalam mempengaruhi kesadaran followers mengkonsumsi produk kecantikan. Verbalisasi pesan yang dirancang dengan sangat jelas menjadi faktor utama yang dapat membangun kesadaran followers untuk bertanggung jawab dalam mengkonsumsi produk kecantikan.

Article Details

How to Cite
Yunita, Koesworo Setiawan, & Agustini. (2023). PENGARUH VERBALISASI PESAN DALAM KAMPANYE #PAKAISAMPAIHABIS DI AKUN INSTAGRAM @LYFEWITHLESS TERHADAP KESADARAN FOLLOWERS MENGKONSUMSI PRODUK KECANTIKAN. Karimah Tauhid, 2(5), 2094–2113. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10580
Section
Articles
Author Biography

Yunita, Universitas Djuanda

Prodi Sains Komunikasi

References

Albari, & Safitri, I. (2018). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research. 7(2), 328–337.

Aprinda, Liswah S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku pada Klien di Yayasan Pusat Rehabilitasi Narkoba Ar- Rahman. Thesis. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.

Direktorat Pengawasan Kosmetik. (2022). Badan POM: https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/27620/Keypersonnel-Paham-Cpkb-Merupakan-Kunci-Sukses-Industri-Kosmetik-Dalam-Negeri.html. Diakses pada 5 Januari.

Dopita, E. (2022). #PakeSampaiHabis, Solusi Nyata Kurangi Sampah Produk Skincare di.Rumah.Kompas.com:https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/05/090600376/pakesampaihabis-solusi-nyata-kurangi-sampah-produk-skincare-di-rumah?page=all. Diakses pada 15 November 2022.

Gazalba F. H. (2019). Media Sosial Sebagai Media Kampanye Anti Kekerasan Seksual. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik, Universitas Pasundan, Bandung.

Gudykunst, William B. dan Mody ed, Bella. (2002). Handbook of International and Intercultural Communication. New York: Sage Publication,. Inc.

Hengky, S., & Kikvidze, Z. (2021). Sustainable Coastal Tourism In Tanjung Kelayang, Indonesia. Tourism Planning & Development. 18.

Mutia A. (2022). Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022. Diakses pada 7 Januari 2023.

Littlejohn, Stephen W. dan Foss, Karen A. (2014). Teori Komunikasi Theories of Human Communication. Edisi 9. Jakarta : Salemba Humanika.

Morissan. (2018). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Notoatmodjo S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Octavia, N. (2022). Pengaruh Pesan Kampanye “Langkah Baikmu Berarti” Melalui Instagram Terhadap Brand Image Wardah Kosmetik. Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Uin Sultan Syarif Kasim.

Perloff R. (2017). The Dynamics of Persuasion. New York: Routledge.

Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik. Depok: RajaGrafindo Persada.

Sekaran, Uma. (2015). Research Methods for Business. Jakarta: Salemba Empat.

Suryani. (2019). Kajian Teori Tema Desain Arsitektur Tropis. Tema desain pada proyek “Pusat Informasi Ilmu. Pengetahuan Teknologi Ramah Lingkungan di Surabaya”. Universitas Katolik Soegijapranata. Hal 242.

Swarjana, I. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling dan Bias dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi (Anggota Ikapi).

Venus, A. (2022). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wilujeng S R. (2014). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. 2(2).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>