Manajemen Sekolah Ramah Anak Berbasis Komunikasi dalam Al-Qur’an di SMA Negeri 7 Kota Bogor

Main Article Content

Putri Filzah
Siti Pupu Fauziah
Irman Suhermen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sekolah ramah anak berbasis komunikasi dalam Al-Qur’an di SMA Negeri 7 Kota Bogor melalui tiga garis besar yaitu perencanaan program sekolah ramah anak berbasis komunikasi dalam Al-Qur’an, pelaksanaan program sekolah ramah anak berbasis komunikasi dalam Al-Qur’an dan evaluasi program sekolah ramah anak. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan metode penelitian menggunakan studi kasus. Data penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari narasumber dan data sekunder dari dokumen resmi yang dikeluarkan sekolah. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan program sekolah ramah anak berbasis komunikasi dalam Al-Qur’an di SMA Negeri 7 Kota Bogor di latar belakangi dengan adanya pelatihan interaksi guru dengan siswa , Merancang materi pembelajaran yang menggambarkan prinsip-prinsip komunikasi dalam Al-Qur’an, Adanya kebijakan 5S, 2) Pelaksanaan program sekolah ramah anak berbasis komunikasi dalam Al-Qur’an di SMA Negeri 7 Kota Bogor dikelompokan berdasarkan pada prinsip-prinsip sekolah ramah anak yakni nondiskriminasi, kepentingan anak diutamakan, penghormatan terhadap pandangan anak, dan pengelolaan kelas. Prinsip tersebut memberikan dampak positif pada pengalaman belajar siswa dan membantu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, positif dan mengedepankan nilai-nilai kebaikan dan keadilan, 3) Evaluasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 7 Kota Bogor yang menunjukan pentingnya hubungan antara gaya komunikasi siswa, kelancaran berbicara, dan pemahaman materi yang diajarkan. Evaluasi program di SMA Negeri 7 Kota Bogor dilakukan dengan tujuan utama untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program.

Article Details

How to Cite
Filzah, P., Fauziah, S. P., & Suhermen, I. (2024). Manajemen Sekolah Ramah Anak Berbasis Komunikasi dalam Al-Qur’an di SMA Negeri 7 Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(5), 5362–5378. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13231
Section
Articles

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia.

Ajmain, & Marzuki. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial.

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36.

Basri, & Rusdiana. (2015). Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hajaroh, M., Rukiyati, Purwastuti, L. A., & Saptono, B. (2020). Analisis Kebijakan Sekolah Ramah Anak Di Kawasan Pesisir Wisata. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hamidah. (2021). Urgensi Prinsip Non-Diskriminasi Dalam Regulasi Pengarus-Utamaan Kesetaraan Gender. Jurnal Hukum & Pembangunan.

Indonesia, K. A. (2019). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. . Jakarta Pusat: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama.

Islami, A., Ahmadin, & Sugiarti. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Travelling History Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kerajaan-Kerajaan Hindu-Budha Islam di SMA Negeri 14 Makasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran.

Moleang, & Lexy, J. (2021). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mularsih, & Hartini. (2019). Pengelolaan Ruang Kelas Dalam Rangka Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran di PKBM INSAN CENDIKIA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Nazarullah. (2018). Teori-Teori Komunikasi Massa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Peurawi.

Nuraeni, L., Andrisyah, & Nurunnisa, R. (2020). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 17.

Nurjanah, & Sholeh. (2022). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa di MIN 02 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Qiro'ah 10(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&B. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Y. S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarjo. (2011). Komunikasi Dalam Perspektif Al-Qur'an. Jurnal Inovasi, 8 (1).

Syamsul, & Arifin, B. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Tusriyanto. (2020). Pemenuhan Hak dan Perlindungan Peserta Didik Melalui Sekolah Ramah Anak di SD Kota Metro. Jurnal Pendidikan Dasar.

Wuryandani, W., Fathurrohman, Senen, A., & Haryani. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86.

Yulianto, A. (2016). Pendidikan Ramah Anak: Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-tarbawi, 1(2), 4.

Zulkifli. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Intruction). Tangerang Selatan: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.