KETERAMPILAN KOMUNIKASI PETUGAS SURVEY PENDATAAN PENDUDUK

Main Article Content

FEBRIADY SIMBOLON
Desi Hasbiyah
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Komunikasi merupakan suatu keterampilan awal yang lahir dalam internal manusia. Kemampuan komunikasi akan terus dilatih seiring dengan pengalaman dan interaksi yang terjalin dengan sesama dan lingkungan.  Kemampuan ini dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri setiap pribadi dalam menjalankan fungsi sosialnya. Salah satu yang menggunakan keterampilan komunikasi adalah petugas pengumpul data dalam survey dalam melengkapi data dan menghimpin data. Data yang dihimpun bertujuan untuk meningkatkan kualitas data menjadi baik dan mampu diolah menjadi informasi dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan komunikasi yang dibutuhkan dalam penghimpun data di lapangan agar data tetap baik dan berisi sesuai dengan prosedur. Metode penelitian dilakukan dengan studi kualitatif dimana peneliti ikut serta dalam berpartisipasi dalam pengambilan data dan melihat kemampuan komunikasi yan tepat dibutuhkan oleh petugas. Pengayaan data dilakukan dengan wawancara dan dikonfirmasi dilanjutkan dengan penarikan simpulan yang memiliki implikasi bagi petugas data selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas pendataan menerapkan komunikasi interpersonal yang terdiri dari kejelasan tujuan, alur pesan interaktif, suasana kekeluargaan, timbal balik data dan komunikasi yang dilakukan dengan jarak dekat. Kemampuan petugas mempengaruhi persepsi masyarakat.  Pengalaman orang asing memiliki persepsi buruk bagi masyarakat. Kendala dalam pengumpulan data survey adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang tujuan dan konteks pembicaraan yang ditanyakan.

Article Details

How to Cite
SIMBOLON, F. ., Hasbiyah , D. ., & Kusumadinata, A. A. (2023). KETERAMPILAN KOMUNIKASI PETUGAS SURVEY PENDATAAN PENDUDUK . Karimah Tauhid, 2(5), 1266–1273. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9809
Section
Articles

References

Adinda, R. Q., & Kusumadinata, A. A. (2023). Teknik Komunikasi Dalam Dunia Kerja. Karimah Tauhid, 2(1),, 2(1), 360–368. Doi:Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i1.8033

Bontis, N. (2001). Cko Wanted—Evangelical Skills Necessary: A Review Of The Chief Knowledge Officer Position. Knowledge And Process Management,, 8(1), 29-38.

Fanny, N., Fatimah, F. S., & Huda, M. I. (2022). Hubungan Komunikasi Efektif Petugas Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit X. In Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (2022, June)., 506-512.

Finaka, A. (Den 01 12 2022). Pendataan Awal Regsosek 2022. Hämtat Från Https://Indonesiabaik.Id: Https://Indonesiabaik.Id/Infografis/Pendataan-Awal-Regsosek-2022

Haristine, F., Luthfie, M., & Kusumadinata, A. A. (2018). Kompetensi Komunikasi Tenaga Freelance Dalam Bisnis Wedding Planner Di Bogor. Jurnal Komunikatio, 4(2), 71-82. Doi: Https://Doi.Org/10.30997/Jk.V4i2.1214

Hartiana, H. (2021). Strategi Komunikasi Petugas Kesehatan Rsud Ulin Banjarmasin Dalam Memberikan Informasi Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin. Banjarmasin (Id): Univesitas Islam Kalimantan Mab.

Indriani, Y. (2020). Capacity Building Bagi Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (Ppkl). E-Coops-Day, 1(1), 37-42. Doi:Doi: Https://Doi.Org/10.55904/Ecoopsday.V1i1.384%20for%20articles

Mumford, M. D., Todd, E. M., Higgs, C., & Mcintosh, T. (2017). Cognitive Skills And Leadership Performance: The Nine Critical Skills. The Leadership Quarterly, 28(1), 24-39.

Mustika, J. (2008). Peran Petugas Polmas Polsek Cikarang Selatan Dalam Meningkatkan Kamtibmas Di Desa Cibatu. Jakarta (Id): Ptik.

Oktafriansyah, R., Yazid, T., & Rasyid, A. (2022). Strategi Promosi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Beserta Youtuber Dalam Memperkenalkan Objek Wisata Tepian Mahligai. Jurnal Niara, 15(2), 349-359.

Putri, N., & Kusumadinata, A. (2023). Keterampilan Komunikasi Budaya Di Pesantren. Karimah Tauhid, 2(4), 901-908. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i4.8117

Siahaan, F. M., Cindrakasih, R. R., & Angkasa, M. (2022). Pelatihan Public Speaking Kepada Petugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (Djlp) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Persuasi Di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(2), 93-102.

Syamsudin, M., Purnomo, A. M., & Kusumadinata, A. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Karyawan Kantor Depan Dan Kepuasan Tamu Di Wisma Dpr Ri Bogor. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 591-602.

Tarigan, H., & Ginting, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(2), 58-67.

Tukiran. (2000). Sensus Penduduk Di Indonesia. Populasi: Jurnal Kependudukan Dan Kebijakan, 11(1), 17-34. Doi:Https://Doi.Org/10.22146/Jp.12328

Wulandari, I. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Berdasarkan Komunikasi Interpersonal Petugas Pendaftaran Di Rs Khusus Bedah Hasta Husada. Health Care Media, 6(11), 51-57.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>