Semiotika pada Logo PLN Persero

Authors

  • Aring Nurwahyuni Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda
  • Muhammad Luthfie Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12861

Keywords:

Logo, PLN, Semiotika

Abstract

Logo adalah representasi dari identitas perusahaan. Dalam logo, terdapat berbagai elemen yang memuat makna. Elemen-elemen ini dapat dianalisis menggunakan pendekatan semiotika. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat semiotika logo PLN persero sebagai suatu satuan desain grafis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara semiotika dengan pengumpulan data melalui observasi dan sntudi dokumentasi. Pendekatan semiotika yang digunakan adalah yang dikembangkan oleh Charles Sanders Pierce, yang mengelompokkan tanda menjadi ikon, indeks, dan simbol berdasarkan objeknya.  Hasil penelitian ini mengungkapkan elemen-elemen yang terdapat dalam logo PT PLN (Persero), seperti gambar atau simbol, warna, dan juga typografi. Melalui analisis semiotika Charles Sanders Pierce, logo PT PLN (Persero) menunjukkan bahwa perusahaan ini terkait dengan industri kelistrikan, dengan tiga tugas utama: pembangkitan, penyaluran, dan pendistribusian listrik. Logo tersebut juga mencerminkan nilai kejujuran dan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan berkualitas kepada pelanggannya.

References

Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. . Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, , 6(2), 123-138.

Kusumadinata, A., Ratnamulyani, I., & Fitriah, M. (2016). Desain Komunikasi. Bogor: Unida Press.

Malik, A., Bagja, B. R., & Istianah, R. (2021). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Tentang Makna Logo Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 6(1), 40-49.

Minanto, A. (. (2020). Citra Merek dalam Logo dan Tata Ruang “Analisis Semiotika Ruang-Visual Couvee Coffeeshop Yogyakarta". Yogyakarta: UII.

Pamungkas, B. A., & Indrawan, A. A. (2021). Logo sebagai Media Komunikasi Teknologi Analisis Semiotika pada Logo Meta. . Jurnal SASAK: Desain Visual dan Komunikasi, , 3(2), 67-74.

Permana, R. (2022). Semiotika Visual Logo Bumbu Bamboe dan Perannya sebagai Identitas Perusahaan. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 96-103.

PLN.co.id. (den 26 3 2024). Profil Perusahaan. Hämtat från https://web.pln.co.id/tentang-kami/profil-perusahaan.

Putra, A. H., & Supratman, L. P. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Tentang Logo Divisi Daruma Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Nippon Bunka Bu. e-Proceeding of Management, Vol.8, No.1; 500-510.

Santoso, P. Y., & Toruan, R. R. (2018). Strategi marketing public relations dalam rebranding hsbc Indonesia untuk membentuk brand awareness. . Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 1-14.

Sari, N. R. (2022). Analisis Semiotik Nasionalisme Pada Logo Maskapai Batik Air. Semiotika: Jurnal Komunikasi, 16 (2); 114-124.

Udilawaty, S., & Hasan, A. D. (2022). Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce Terhadap Logo Provinsi Gorontalo. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(2), 410-428.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Nurwahyuni , A. ., Kusumadinata, A. A., & Luthfie, M. . (2024). Semiotika pada Logo PLN Persero . Karimah Tauhid, 3(4), 4629–4638. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12861
Abstract viewed = 45 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>