Transformasi Digital dalam Pelayanan Pembuatan Surat Pindah Datang

Main Article Content

Agra Alfin Zulfa
Anita Therasari
E Syahrudin
Kikin Oktavinia
Muhammad Tegar Purna Bhakti
Euis Salbiah
cecep wahyudin

Abstract

Metode yang digunakan dalam pelayanan publik terus berkembang, penggunaan teknologi didalamnya tidak dapat dihindari, maka dari itu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor menerapkan transformasi digital dalam pelayanannya (pembuatan surat pindah datang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan transformasi digital di Disdukcapil Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan teori (Royyana, 2021) yang menurutnya transformasi digital merupakan perubahan suatu instansi, yang dimana melibatkan 5 indikator yaitu sdm, proses, struktur, strategi, dan adopsi teknologi. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif, informan penelitian ini adalah pegawai Disdukcapil Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan transformasi digital di Disdukcapil Kabupaten Bogor berhasil. Hal ini dapat dilihat dari penerapan trasnformasi digital yang telah dilakukan, seperti mempercepat waktu proses pelayanan, menumbuhkan budaya membaca, dan penerapan platform digital dalam pelayanan. Dampak dari penerapan transformasi digital ini adalah masyarakat tidak perlu lagi diwajibkan membawa dokumen fisik ketika hendak melakukan pelayanan surat pindah datang.

Article Details

How to Cite
Zulfa, A. A. ., Therasari, A. ., E Syahrudin, Oktavinia, K. ., Bhakti, M. T. P. ., Salbiah, E. ., & wahyudin, cecep. (2024). Transformasi Digital dalam Pelayanan Pembuatan Surat Pindah Datang . Karimah Tauhid, 3(2), 1724–1735. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11906
Section
Articles
Author Biography

cecep wahyudin, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik

References

Boban, M., & Klarić, M. (2021). Impact of Covid 19 Pandemic on Digital Transformation of Public Administration in European Union. Political Science, Computer Science. https://doi.org/https://doi.org/10.23919/MIPRO52101.2021.9 596678

Fauziah, G. N., Afrianti, N., Agung, W., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2021). KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU AK-1 BERBASIS ONLINE. ADMINISTRATIE Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 21-30.

Handayani, P. W., Hidayanto, A. N., Sandhyaduhita, P. I., Kasiyah, & Ayuningtyas, D. (2015). Strategic hospital services quality analysis in Indonesia. Expert Systems with Applications, 42(16), 3067–3078. https://doi.org/ttps://doi.org/10.1016/j.eswa.2014.11.065

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Pratami, M., Ranbilal, R., Wahyudin, C., Salbiah, E., & Studi Administrasi Publik, P. (2023). Strategi Inovasi Pelayanan Perubahan Data Kartu Keluarga Berbasis Online. Karimah Tauhid, 2(1), 60–75.

Putra, D. S., Selo, & Fauziati, S. (2021). JURNAL INFORMATIKA DAN TEKNOLOGI INFORMASI P ROGRAM S TUDI I NFORMATIKA – F AKULTAS T EKNIK - U NIVERSITAS J ANABADRA. 6(2).

Ritonga, A. E., Sinaga, K., & Saragi, S. (2023). Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pematangsiantar. Publik Reform, 10(1), 35–49. https://doi.org/10.46576/jpr.v10i1.3453

Rizal, A., Kahfi, S. N., Abdurrahman, Wulandono, & Tono. (2023). Manajemen Perubahan Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Bagi Adaptasi Organisasi. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(4), 933–941.

Royyana, A. (2021). Strategi transformasi digital pada pt. Kimia farma (persero) tbk. Journal of Information Systems for Public Health, 5(2), 15. https://doi.org/10.22146/jisph.34179

Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor Kesiapan Dan Adopsi Teknologi Informasi Dalam Konteks Teknologi Serta Lingkungan Pada Umkm Di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 49–56. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.616

Setiyani, M. D. N., & Wahyudin, C. (2023). Kualitas Layanan Pendidikan untuk Anak Usia 3-6 Tahun Melalui Program Sekolah Penggerak di biMBA AIUEO. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2653-2659.

Sisilianingsih, S., Purwandari, B., Eitiveni, I., & Purwaningsih, M. (2023). Analisis Faktor Transformasi Digital Pelayanan Publik Pemerintah Di Era Pandemi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(4), 883–892. https://doi.org/10.25126/jtiik.20241047059

Sholehah, A. Z., Susanto, C. Z., Qotrunada, R., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2023). PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK. KARIMAH TAUHID, 2(1), 352-359.

Sulistya, A. Q. W., Sulistiyo, B. B., Aditya, F., Aritonang, I. D., Simangunsong, S. A., & Muhammad Rifki Shihab, B. R. (2019). A case study of indonesian government digital transformation: Improving public service quality through E-government implementation. Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc. https://doi.org/https://doi.org/10.1109/ICST47872.2019.9166234

Syahri, & Tambuh, B. (2022). TRANSFORMASI BIROKRASI DAN DIGITAL GOVERNMENT DI MASA PANDEMI COVID-19. TRANSFORMASI BIROKRASI DAN DIGITAL GOVERNMENT DI MASA PANDEMI COVID-19, 1–7. https://doi.org/10.4324/9781315622408

Tangi, L., Janssen, M., Benedetti, M., & Noci, G. (2021). Digital government transformation: A structural equation modelling analysis of driving and impeding factors. International Journal of Information Management, 60. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2021.102356

Ubit, M., Nurhasanah, N., & Milka, M. (2022). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Digital Di Kantor Bapas Kelas Ii Sampit. Pencerah Publik, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.33084/pencerah.v9i2.3807

Wahyudin, C. E. C. E. P., Apriliani, A. F. M. I., Ramdani, F. T., Pratidina, G. I. N. U. N. G., & Seran, G. G. (2023). A BIBLIOMETRIC ANALYSIS COLLABORATIVE GOVERNANCE OF PLASTIC REDUCTION THROUGH THE TRANSFORMATION INDUSTRY. Journal of Engineering Science and Technology, 18(4), 85-93.

Wahyudin, C., Subagdja, O., & Iskandar, A. (2023). Desain Model Collaborative Governance Dalam Penanganan Pengurangan Penggunaan Plastik. Jurnal Governansi, 9(2), 151-162.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>