Motivasi Keikutsertaan Remaja Pada Kegiatan Karang Taruna

Main Article Content

Kikin Oktavinia
Aqsho Bintang Nusantara
Gladys Marsha Brata
Riska Adita Syafitri
Cecep Wahyudin

Abstract

Pada masa kini sedikit sekali remaja yang tertarik pada organisasi di daerah tempat tinggal seperti karang taruna. Saat ini remaja lebih banyak menghabiskan waktu bermain game online di rumah.  Dengan begitu, dibutuhkan motivasi yang kuat pada remaja tersebut untuk mengikuti karang taruna pada tempat mereka tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja alasan atau motivasi remaja Kampung Gadog Desa Pandansari RT02 RW02 untuk berpartisipasi aktif di Karang Taruna. Metode kualitatif yang berupa deskriptif (wawancara) yang digunakan untuk menentukan apakah hasil penelitian dapat digeneralisasi tergantung pada variabelnya. Focus penelitian sesuai dengan yang dijelaskan oleh teori motivasi Clayton Alderfe, dalam kutipan Mangkunegara (2009) mengemukakan teori ERG merupakan refleksi dari tiga dasar kebutuhan, yaitu: 1. Existence Needs (eksistensi) 2. Relatedness (keterhubungan) 3. Growth Needs (pertumbuhan). Penelitian ini  bahwasannya diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pihak terkait, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, serta Karang Taruna itu sendiri, dalam mengembangkan strategi dan program yang efektif untuk meningkatkan motivasi keikutsertaan remaja pada karang taruna.

Article Details

How to Cite
Oktavinia, K., Nusantara, A. B. ., Gladys Marsha Brata, Riska Adita Syafitri, & Cecep Wahyudin. (2023). Motivasi Keikutsertaan Remaja Pada Kegiatan Karang Taruna. Karimah Tauhid, 2(4), 804–812. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9504
Section
Articles

References

Crisandye, Y. F. (2018). Peran Karang Taruna Dalam Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda Melalui Pembinaan Olahraga, Pengajian Remaja dan Pembinaan Seni (Studi kasus di Karang Taruna Remaja Kita RW 14 kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi selatan). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 94.

Endang Ruswanti, A. R. R. & U. J. (2013). Aplikasi teori kebutuhan ERG Alderfer terhadap motivasi karyawan rumah sakit Islam Hidayatullah Yogyakarta. Forum Ilmiah, 10(2), 165–171.

Hurlock B. Elizabeth. 1980.DEVELOPMENT PSYCHOLOGY (A Little-Span Approach), Fifth Edition. McGraw-Hill, Inc.

Manunggal, S. (2015). Buku Karang Taruna Setyo Manunggal. Yogyakarta: Setyo

Manunggal.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625

Sawitri, N., & Kisworo, B. (2013). Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Desa (Studi Pada Pemuda Di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 2(2), 39–45.

Wijono, Sutarto., 2012, Psikologi Industri dan Organisasi, Dalam Suatu

Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia, Cetakan ketiga. Jakarta : Kencana

Prenada Media Group

Most read articles by the same author(s)