Peran Pemerintah Terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Tugujaya

Main Article Content

Aqsho Bintang Nusantara
Euis Salbiah
Ginung Pratidina
M. Yusuf GG Seran

Abstract

Badan Usaha Tingkat Desa (BUMDes) merupakan cara bagi pemerintah desa dan masyarakat untuk melaksanakan pemberdayaan ekonomi program di tingkat desa. Upaya mendukung perekonomian masyarakat di satu tempat berkat keberadaannya dari BUMDes. Bisnis yang dimiliki, khususnya simpan pinjam, dapat mendukung masyarakat untuk tujuan konsumsi dan produktif. Tujuan penulis adalah untuk mengetahui peran BUMDes dalam kemakmuran Masyarakat Desa Tugujaya. Penulis menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Dengan sifat penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), metode ini disebut penulis langsung turun ke lapangan karena terlibat langsung dengan masyarakat setempat. Desa Tugujaya memiliki misi yaitu " mewujudkan Desa Tugujaya menjadi desa mandiri, maju, sejahtera, produktif, agamis. melalui BUMDES pemerintah Desa Tugujaya cukup baik dalam mengelola dana BUMDes yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat dengan keunggulan di bidang sosial, keuangan, bisnis, perdagangan, usaha, dan juga kontraktor yang dengan adanya BUMDES masyarkat mapu memanfaatkan fasilitas maupun kesempatan yang dimiliki desa.

Article Details

How to Cite
Nusantara, A. B. ., Salbiah, E. ., Pratidina , G., & Seran, M. Y. . G. . (2024). Peran Pemerintah Terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Tugujaya. Karimah Tauhid, 3(1), 532–538. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11617
Section
Articles

References

Budiono. (2015). Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Bojonegoro (Studi di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu dan Desa Kedungprimpen Kecamatan Kanor). Politik Muda, 116. Retrieved from BUMDes.

Hasanah, N. (2019). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Melirang Kecamatan Bungah Kabupaten Gersik. QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine, 17.

Ismawati, M., Eka, F., & Vicky Zayanul Firmansyah. (2022). Peran Bumdes Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dan Pendapatan Asli Desa Di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Ilmu Sosial, 853.

Mussadad, A. (2014). Anagguru Dalam Perubahan Sosial di Mandar. Tulungagung: Repository.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>