Minat Mahasiswa FISIP Universitas Djuanda Terhadap Kegiatan Internal Kampus

Main Article Content

Teuku Daffa Rashad
Bima Aminullah
Daniel Dwi Satria

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda dalam minat terhadap kegiatan internal kampus. Untuk mengetahui sikap Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda terhadap minat dalam kegiatan internal, metode peneliti ini memakai pendekatan kualitatif serta melakukan riset dengan sejumlah informan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda dalam minatnya berkegiatan dan berorganisasi. Dengan ada penelitian demikian, maka diharapkan bisa menjadi acuan solusi dalam menarik minat bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda  Berdasarkan proses penelitian yang telah dilakukan, maka jurnal ini memperoleh hasil sebagai berikut : 1) Kesadaran mahasiswa perihal kegiatan internal kampus, mencapai tingkat yang optimal dan dapat dikatakan baik, dikarenakan masih terdapat sedikit banyaknya mahasiswa yang didominasi oleh rasa individual. 2) Upaya pihak penyelenggara kegiatan dalam organisasi telah menyediakan berbagai cara untuk menarik minat dalam berorganisasi ataupun agar supaya mahasiswa ikut mengaktivasi kegiatan internal di kampus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya sikap mahasiswa di dalam kesadarannya untuk ikut mengupayakan kegiatan internal kampus telah bisa dikatakan baik dan peka walaupun belum seratus persen.

Article Details

How to Cite
Rashad, T. D., Aminullah, B., & Satria, D. D. (2024). Minat Mahasiswa FISIP Universitas Djuanda Terhadap Kegiatan Internal Kampus. Karimah Tauhid, 3(2), 1411–1416. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11731
Section
Articles

References

Abd. Syakur , Rikhly Faradisy, F. S. (2020). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Akademik Kebidanan Graha Husada Melalui Aplikasi Google Class Room Pada Masa Pandemi Covid-19 Abd.Abd. Syakur , Rikhly Faradisy, Fajar Surahman. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(1), 88–95. http://journal.unublitar.ac.id/jppnu

Ardiana, E., & Putra, E. V. (2016). Organisasi Eksternal Kampus Sebagai Wadah Pengembangan Softskill Mahasiswa (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Negeri Padang Yang Mengikuti Organisasi Eksternal Kampus). Jurnal Perspektif : Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 2(3), 1–23.

Astuti, P. D. (2011). Trust dan Kultur Organisasi Sebagai Penggerak Intellectual Capital terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(2), 267–283. https://doi.org/10.20885/jsb.vol15.iss2.art8

Iverson, B. L., & Dervan, P. B. (n.d.). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. 7823–7830.

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa sebagai Agen Of Change melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193

Kriyantono, Rakhmat. 2010. Tekhnik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Dosen. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(3), 12–26.

Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana

Indonesia.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.