Persepsi Mahasiswa Kota Bogor Terhadap Visualisasi Postingan Akun Instagram @Cretivox (Studi Kasus Terhadap Postingan Bertagar #Cretivoxzodiac)

Authors

  • Tubagus Reza Oktavian Universitas Djuanda
  • Nadia Amalia Universitas Djuanda
  • Bintang Badriansyah Hardi Universitas Djuanda
  • Rizky Anugerah Universitas Djuanda
  • Bima Aminullah Universitas Djuanda
  • Hanan Halim Abdullah Universitas Djuanda
  • Aji Santoso Universitas Djuanda
  • Maria Fitriah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11967

Keywords:

persepsi, visualisasi, postingan, cretivox

Abstract

Aplikasi Instagram merupakan salah satu media penyampaian informasi yang dapat dikemas kedalam berbagai bentuk, baik itu melalui fotografi, videografi maupun hanya tulisan atau tipografi sederhana. Akun Instagram cretivox adalah salah satu media berita besar yang ada di Indonesia dengan mengemas pemberitaan atau informasi kepada audiens  melalui elemen-elemen visual yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk visualisasi dari postingan akun Instagram cretivox dan mengindikasikan persepsi yang terbentuk dari kalangan mahasiswa Kota Bogor terhadap visualisasi postingan tersebut. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif untuk membuktikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan memberikan keterangan deskripsi, sebagai paragraf penjelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu kuesioner online yang disebarkan kepada total 100 responden metode pengukuran skala Likert. Responden  penelitian  mahasiswa aktif yang berdomisili di Kota Bogor. Teknik analisis data menggunakan pada penelitian yakni metode statistika deskriptif. Instrumen dalam penelitian diuji terlebih dahulu dengan uji validitas menggunakan software SPSS versi 22. Data disajikan dalam bentuk grafik kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh informasi bahwa elemen-elemen visualisasi yang terdapat pada konten Instagram cretivox dapat memberikan persepsi atau respon dari kalangan mahasiswa, terutama pada variabel elemen tipografi atau penulisan pada konten.

References

Arifah, N. L., & Anggupuspa, M. L. (2023). PENGARUH ELEMEN VISUAL PADA KONTEN INSTAGRAM RINTIK SEDU DALAM MERAIH ENGAGEMENT AUDIENS. Barik, 141-151.

Haidar, N. F., & Martadi. (2021). ANALISIS KONTEN VISUAL POST INSTAGRAM Riliv DALAM MEMBENTUK CUSTOMER ENGAGEMENT. Barik, 121-134.

Moreau, E. (2018). What is Instagram, anyway? Here's what Instagram is all about and how people are using it. Lifewire, -.

Pangerapan, J. N., Boham, A., & Randang, J. L. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEPALA BERITA CLICK BAIT MEDIA ONLINE INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNSRAT KONSENTRASI JURNALISTIK). Acta Diurna Komunikasi, 1-14.

Rizaty, M. A. (2023, September 8). DataIndonesia.id. Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/internet/detail/ada-11616-juta-pengguna-instagram-di-ri-hingga-agustus-2023

Yunita, Agustini, & Amalia, N. (2023). PENGARUH VISUALISASI PESAN PERSUASIF KAMPANYE #PAKAISAMPAIHABIS TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU FOLLOWERS MENGKONSUMSI PRODUK KECANTIKAN. Sosial Humaniora, 134-142.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Oktavian, T. R. ., Amalia, N. ., Hardi, B. B. ., Anugerah, R. ., Aminullah, B. ., Abdullah, H. H. ., Santoso, A. ., & Fitriah, M. . (2024). Persepsi Mahasiswa Kota Bogor Terhadap Visualisasi Postingan Akun Instagram @Cretivox (Studi Kasus Terhadap Postingan Bertagar #Cretivoxzodiac). Karimah Tauhid, 3(2), 1893–1910. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11967
Abstract viewed = 22 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>