Representasi Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Analisis Semiotika Terhadap Film Pendek “Jagoku untuk Mbak Mentik”

Main Article Content

Eneng Fatimah Azahro
Nadia Amalia
Gadizka Azzahra Endah Khamila
Indallaila
Nur Cinta
Sabrina Mubarak Umar
Salsabilla Princess Hermanto

Abstract

Film pendek berjudul “Jagoku Untuk Mbak Mentik” disutradarai Sadrakh Jalu dan produksi LAYAR Studio. Film ini diunggah di channel Youtube Paniradya Kaistimewan pada 27 Desember 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi perilaku konsumtif dalam film “Jagoku Untuk Mbak Mentik”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan semiotika Roland Barthes. Hasil analisis menunjukkan bahwa film pendek ini menunjukkan perilaku konsumtif Mentik dimulai karena kemajuan teknologi media, sehingga memungkinkan baginya untuk memanfaatkan perkembangan tersebut untuk diri sendiri, tapi menemui kesusahan dalam mengontrol diri. Film ini mampu menggambarkan perilaku konsumtif di masyarakat secara realistis dengan dimulai dari pembelian barang murah yang dilakukan secara berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Azahro, E. F. ., Amalia, N. ., Khamila, G. A. E., Indallaila, Cinta, N. ., Umar, S. M. ., & Hermanto, S. P. . (2024). Representasi Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Analisis Semiotika Terhadap Film Pendek “Jagoku untuk Mbak Mentik”. Karimah Tauhid, 3(2), 1921–1931. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11984
Section
Articles

References

Amalia, N. (2023). The Influence Of Persuasive Message Visualization Of The # Pakaisampaihabis Campaign On Behavior Change Followers Consume Beauty Products Pengaruh Visualisasi Pesan Persuasif Kampanye # Pakaisampaihabis Terhadap Perubahan Perilaku Followers. 134–142.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.) Sage Publications.

Effendi, E., Dewi, K. P., Nabila, F. & Natasya. (2023). Teori Peluru Ajaib. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 5216-5223. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/14363/11085

Hasbullah, M. (2020). Hubungan Bahasa, Semiotika Dan Pikiran Dalam Berkomunikasi. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 106-124. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3712

Hidayat, A. A. (2021). Studi Kasus Keperawatan: Pendekatan Kualitatif. Health Books Publishing.

Mustomi, D. & Puspasari, A. (2020). Pengaruh media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. CERMIN: Jurnal Penelitian, 4(1), 133-147.

Nasirin, C. & Pithaloka, D. (2022). Analisis Semiotika Konsep Kekerasan Dalam Film The Raid 2: Berandal. Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 28-43. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/view/14

Riwu, A. & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara (Kajian Semiotika). DEIKSIS, 10(3), 212-223. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v10i03.2809

Wati, K. L. M., Rohman, F. & Yuniawan, T. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes dan Nilai Moral dalam Film Pendek Tilik 2018 Karya Wahyu Agung Prasetya. Jurnal OnomaL Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(2), 1306-1315. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/3023/2002

Wibowo, G. (2019). Representasi Perempuan dalam Film Siti. Nyimak: Journal of Communication, 3(1), 47-59.

Wibisono, P. & Sari, Y. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 30-43. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1406

Most read articles by the same author(s)