Representasi Makna Self Improvement Pada Lirik Lagu Tulus “Diri” (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Main Article Content

Khoirur Rahma
Hanan Halim Abdullah
Indallaila
Rizky Anugerah
Aji Santoso

Abstract

Bentuk penyampaian pesan melalui komunikasi pada bidang seni musik dapat dilakukan melalui pemaknaan lirik lagu. Lirik merupakan salah satu bagian penting dari musik untuk menyampaikan suatu informasi atau pesan yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang menarik, kata-kata yang indah, maupun kalimat yang bermakna kompleks. Konsep pemaknaan pada dasarnya bersifat objektif dan subjektif pada apa yang tertulis pada lirik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji makna self improvement atau perbaikan diri individu secara mentalitas dan fisik pada lirik lagu “Diri” karya penyanyi Indonesia Tulus, adapun analisis makna di lirik lagu yang memakai analisis dari teori semiotika Roland Barthes. Analisis makna pada teori Roland Barthes meliputi denotasi, konotasi, dan mitos. Pada penelitian ini, teori semiotika Roland Barthes digunakan sebagai deskripsi secara denotasi, konotasi, dan mitos dari “self improvement” atau perbaikan diri yang terkadung dalam lrik lagu tersebut. Metode penelitian pada kajian ini meliputi pendekatan kualitatif interpretif dengan pola pikir induktif, dari tingkat khusus ke umum. Teknik pengambilan data pada penelitian meliputi analisis dokumen dari sumber yang berkaitan pada penelitian. Hasil dari penelitian didapatkan pemaknaan pada lirik lagu “Diri” ialah ; makna denotasi pada lirik lagu “Diri” merupakan motivasi yang ingin disampaikan penulis kepada pendengar untuk memperbaiki diri sendiri, memaafkan segala kesalahan, dan mulai damai akan keadaan dari masa lalu. Sedangkan makna konotasinya mengingat kapada diri sendiri untuk selalu berterima kasih dengan merasa cukup dan bersyukur. Sedangkan makna mitosnya yaitu pencipta lagu ingin menyampaikan bahwa proses perbaikan diri dimulai dengan mencintai diri sendiri, membangun kembali kepercayaan diri, dan berdamai dengan keadaan serta situasi yang menimpa diri.

Article Details

How to Cite
Rahma, K. ., Abdullah, H. H. ., Indallaila, Anugerah, R. ., & Santoso, A. . (2024). Representasi Makna Self Improvement Pada Lirik Lagu Tulus “Diri” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Karimah Tauhid, 3(4), 4903–4916. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12970
Section
Articles

References

Damayanti, I. K. (2022). Makna Terhadap Mitos dalam Lirik Lagu “Takut” Karya Idgitaf: Kajian Semiotika Roland Barthes. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 31. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i1.6150

Harnia, N. T. (2021). Analisis Semiotika Makna Cinta Pada Lirik Lagu “Tak Sekedar Cinta” Karya Dnanda. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 224–238. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1405

Iswari, F. M. (2015). Representasi Pesan Lingkungan dalam Lirik Lagu Surat Untuk Tuhan Karya Group Musik “Kapital”(Analisis Semiotika). Journal Ilmu Komunikasi, 1, 254–268. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/Jurnal Fajrina Melani Iswari (02-25-15-04-28-48).pdf

Kusumawati, H. S., Rahayu, N. T., & Fitriana, D. (2019). Analisis Semiotika Model Roland Barthes Pada Makna Lagu “Rembulan” Karya Ipha Hadi Sasono. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 105–116. https://doi.org/10.32585/klitika.v1i2.476

Muchalif, M., & Alfikri, M. (2022). Semiotics analysis of the meaning of power in the song “2+2=5” by Radiohead. Legal Brief, 11(4), 2008–2014. https://doi.org/10.35335/legal

Nanda, R. P. P. (2023). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Lirik Lagu “ Aisyah Istri Rasulullah. Communications, Vol. 5(1), 280–300.

Nina, K., & Himawan, S. (2024). LAPORAN PENELITIAN MANDIRI Analisis Semiotika Pesan Moral Video Klip BTS ’We Are Bulletproof: The Eternal. 4, 7587–7598. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8311

Rima Damayanti, Ahmad Bahrudin, Moh Badrih, & Khusnul Fatimah. (2024). Analisis Makna Konotatif Dalam Lagu Cundamani Karya Denny Caknan : Kajian Semiotik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 933–942. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3398

Santoso, A., Nafisha, A. F., Hardi, B. B., Abdullah, H. H., Komunikasi, S., Bogor, U. D., Komunikasi, S., Bogor, U. D., Komunikasi, S., & Bogor, U. D. (2024). Efektivitas Sistem Pelayanan Publik Masyarakat Kota Bogor ( Studi Kasus Terhadap Aplikasi Aduan Warga Kota Bogor Sibadra ). 3, 1315–1324.

Sumja, R. P. G. (2020). Representasi Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu “Ruang Sendiri” Karya Tulus. Jurnal Penelitian Humaniora, 25(2), 50–58.

Trimo Wati, T. W., Dina Safira Ikmaliani, & Mustolehudin. (2022). Representasi Makna Denotasi dan Konotasi dalam Lirik Lagu Kun Fayakun (Analisis Semiotika Roland Barthes). Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 73–102. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5172.

Most read articles by the same author(s)