Analisis Pengguna Ponsel Terhadap Perilaku Generasi Z dalam Kehidupan Sehari-hari

Main Article Content

Khoirur Rahma
Indallaila
Eneng Fatimah
Sabrina Mubarak
Nur Cinta

Abstract

Perkembangan pesat pada teknologi yang terjadi saat ini, khususnya pada ponsel telah banyak mengambil alih dalam pembentukan perilaku generasi Z dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan ponsel terhadap perilaku generasi Z, menggali lebih dalam terhadap perubahan pola interaksi sosial, tingkat fokus belajar, serta keseharian mereka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan proses pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Sampel penelitian diambil dari beberapa anggota generasi Z yang aktif menggunakan ponsel. Hasil analisis ini  menunjukkan bahwa penggunaan ponsel  secara intens dan signifikan dapat mempengaruhi interaksi sosial generasi Z, dengan lebih banyak waktu dihabiskan dalam dunia maya. Dalam konteks pendidikan, ponsel menjadi alat utama yang di gunakan untuk memudahkan akses informasi dan pembelajaran daring, namun pada hal ini juga dapat menimbulkan hal negatif terkait fokus dan produktivitas. Selain itu, ada pun perubahan lain dalam gaya hidup generasi Z yang terdampak dalam masalah jam tidur aktivitas fisik mereka. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana generasi Z beradaptasi dengan teknologi ponsel di kehidupan sehari-hari mereka, serta membentuk pemahaman yang baik mengenai dampak teknologi terhadap perkembangan sosial dan perilaku generasi Z.

Article Details

How to Cite
Rahma, K., Indallaila, Fatimah, E., Mubarak, S., & Cinta, N. (2024). Analisis Pengguna Ponsel Terhadap Perilaku Generasi Z dalam Kehidupan Sehari-hari. Karimah Tauhid, 3(2), 1548–1554. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11858
Section
Articles

References

Asiah, S. N., Pranoto, B. A., Sunarsih, D., & Triputra, D. R. (2022). Faktor Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 465–474.

Aprilia, R., Sriati, A. and Hendrawati, S. (2020) ‘Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja’, 3(1), pp. 41–53. Available at: https://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/26928/13424.

Haniza, N. (2019) ‘Pengaruh Media Sosial terhadap Perkembangan Pola Pikir, Kepribadian dan Kesehatan Mental Manusia’, in Sukmono, F. G., Junaedi, F., and Rasyid, E. (eds) Komunikasi dan Multikulturalisme Di Era Disrupsi: Tantangan dan Peluang. Yogyakarta, pp. 21–32. Available at: http://eprints.ums.ac.id/85726/1/1. Komunikasi dan Multikulturalisme di era disrupsi tantangan dan peluang.pdf#page=32.

Rusandi, M. R. (2022). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87.

Most read articles by the same author(s)