Efektivitas Sistem Pelayanan Publik Masyarakat Kota Bogor (Studi Kasus Terhadap Aplikasi Aduan Warga Kota Bogor Sibadra)

Main Article Content

Aji Santoso
Alma Fardatun Nafisha
Bintang Badriansyah Hardi
Hanan Halim Abdullah
Ikrilah Khoerunisa

Abstract

Berlandaskan pada Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 25 Tahun Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menekankan pemerintah harus memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Diikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sudah semestinya pihak pemerintah beradaptasi dan berinovasi dengan kecanggihan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satunya aplikasi pada penelitian ini, merupakan inovasi dari pemerintah Kota Bogor dalam mengoptimalkan aduan warga secara online dan tanpa ada batasan waktu, sehingga masyarakat dapat melaporkan aduannya melalui aplikasi dengan mudah, aplikasi ini bernama SiBadra. Inovasi ini sebagai bentuk nilai pemenuhian pemerintah Kota Bogor dalam melayani warga Kota Bogor, agar semua aspirasi warga dapat tertampung dalam wadah aplikasi SiBadra. Akan tetapi, tidak semua bentuk inovasi pemerintah memiliki nilai efektivitas yang optimal bagi pelaksanaan pelayanan publik, ada beberapa kendala yang didapati seperti adanya sebuah sulitnya akses aplikasi SiBadra dengan baik, aspirasi rakyat yang tidak terlaksana dengan baik, dan sebagaian warga tidak banyak mengetahui aplikasi SiBadra sehingga tidak semua warga Kota Bogor menggunakan aplikasi SiBadra dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat efektivitas sistem pelayanan publik berbasis aplikasi, yang diciptakan oleh Pemerintah Kota Bogor bernama SiBadra yang tersedia di perangkat android atau pun IOS serta dapat diunduh secara gratis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mewawancarai narasumber yang berkaitan dengan operasional aplikasi SiBadra, menggunakan metode ini akan dikumpulkan dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas aplikasi SiBadra terbilang cukup sebagai inovasi terhadap sistem pelayanan publik berbasis daring, meskipun ada beberapa kekurangan pada aplikasi, operasional sistem aplikasi sebagai media aduan warga masih berjalan dengan  optimal dan bisa beroperasi jauh lebih baik kedepan.

Article Details

How to Cite
Santoso, A., Nafisha, A. F. ., Hardi, B. B. ., Abdullah, H. H. ., & Khoerunisa, I. . (2024). Efektivitas Sistem Pelayanan Publik Masyarakat Kota Bogor (Studi Kasus Terhadap Aplikasi Aduan Warga Kota Bogor Sibadra). Karimah Tauhid, 3(2), 1315–1324. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11711
Section
Articles

References

Bogor, P. K. (2022). RINCIAN BELANJA SUB KEGIATANRINCIAN BELANJA SUB

KEGIATAN TAHUN 2022. Bogor: PPID Kota Bogor.

Musaddad, A. A., Faizin Ahzani, W. K., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206-213.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Novriando, A., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2020). Efektivitas “Jogja Smart Service” Terhadap Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta. GOVERNMENT : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13, 68–75. https://doi.org/10.31947/jgov.v13i2.8817.

Rachman, I. (2022). Efektivitas Kinalang Sebagai Aplikasi Pelayanan Publik BerbasisElektronik Di Kota Kotamobagu. Jurnal Governance, 2(1), 1–14.

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497.

Santosa, P. (2017). Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance (Edisi Keempat). Bandung: PT Refika Aditama.

Syafiie, I. K. (2016). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Bandung: PT. Bumi Aksara.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.