Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Sasana Business Administration Vocation Collage Thailand

Main Article Content

Lilis Fauziah Balgis
Didin Syamsudin
Alfin Maulana Haryadi

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan proses memperoleh keterampilan berbahasa Arab, baik dalam hal membaca, menulis, mendengarkan, maupun berbicara. Dalam mengajar bahasa Arab membutuhkan lebih dari sekedar kefasihan berbahasa melainkan juga perlu perencanaan yang matang. Baik hasil yang diharapkan maupun isi yang dibahas harus dipertimbangkan secara hati-hati ketika menentukan suatu metode pengajaran Bahasa Arab untuk siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan problematika pembelajaran Bahasa Arab di Sasana Business Administratation Vocation College Thailand serta untuk mengetahui bagaimana solusi dalam mengatasi masalah pembelajaran bahasa arab di Sasana Business Administratation Vocation College Thailand. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang akan dianalisis secara deksriptif. Sumber data dikumpulkan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data dan menyajikan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab di Sasana Business Administration Vocation College Thailand didasarkan pada strategi kontemporer yang mendukung kemandirian siswa. Meskipun strategi ini efektif dengan penggunaan perangkat audio dan alokasi waktu yang memadai, tantangan seperti pengelolaan waktu dan heterogenitas kemampuan siswa muncul. Untuk mengatasi permasalahan ini, guru memberikan pengawasan aktif, bimbingan, dan motivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperlukan adanya upaya untuk mengembangkan strategi pembelajaran Bahasa Arab yang sesuai berdasarkan kebutuhan dan faktor kontekstual siswa supaya kemampuan Bahasa Arab siswa dapat meningkat baik itu kemampuan menulis, membaca, berbicara, mendengarkan maupun kemampuan-kemampuan lainnya.

Article Details

How to Cite
Balgis, L. F. ., Didin Syamsudin, & Haryadi, A. M. . (2024). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Sasana Business Administration Vocation Collage Thailand . Karimah Tauhid, 3(4), 5122–5130. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.13064
Section
Articles

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan berbahasa arab dengan pendekatan komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56-71.

Hamdan, H. (2020). Metode Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Dayah Darul Mukhlisin Takengon Aceh Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Hermawan, Y. D. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Guna Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Siswa MTS Tahfidz Yanbu'ul Qur'an Kudus, Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(2).

Rohman, A. (2022). Bahasa Arab dan Problematika Pembelajarannya. Sanaamul Quran: Jurnal Wawasan Keislaman, 3(1).

Sulaiman, E. (2023). Membumikan Bahasa Arab Sejak Dini (Analisis Kesulitan dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Pemula). Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 142-151.

Most read articles by the same author(s)