Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar di Maitreechit Wittayathan School Thailand

Authors

  • Iklima Nurul Fudhlah Universitas Djuanda
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda
  • Didin Syamsudin Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11825

Keywords:

Kurikulum, Manajemen Kurikulum, Pendidikan Sekolah Dasar

Abstract

Manajemen kurikulum dalam pendidikan sangat penting karena pengajaran tidak dapat berlangsung tanpa adanya manajemen kurikulum. Mulai dari TK hingga SMP Sekolah Maitreechit Wittayathan Thailand, beroperasi sebagai sekolah satu atap. Maitreechit Wittayathan School Thailand menggunakan kurikulum dari kerajaan dan kurikulum sekolah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif.  Teknik pengumpulan data ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengamatan observasi dilapangan peneliti menemukan bahwa Maitreechit Wittayathan School Thailand menggunakan kurikulum 2008, tetapi memadukan pengetahuan umum dan agama dalam kurikulumnya. Kurikulum ini mencampurkan dua kurikulum, yaitu kurikulum kerajaan dan kurikulum sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Implementasi Manajemen Kurikulum di Maitreechit Wittayathan School Thailand, dapat ditarik kesimpulan bahwa Perencanaan kurikulum di sekolah tersebut sebenarnya tetap mengacu pada kurikulum kerajaan atau nasional. Pelaksanaan kurikulum yang digunakan di Maitreechit Wittayathan School Thailand sesuai dengan ketentuan kurikulum kerajaan dan sekolah. Evaluasi dilakukan dengan cara rapat bersama guru dan staf sekolah dan juga evaluasi dilakukan pada siswa untuk menegtahui kemampuan siswa pada pelajaran yang telah disampaikan.

References

Adri, H. T., Febrian, R., Agustina, A. D., Maryani, N., & Mukhaladun, W. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 02 Tajur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara, 1(4), 219-225

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45-50.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fathurrochman, I., Danim, S., Ab, S. A., Kurniah, N., & Ristianti, D. H. (2021). Theoretical review of the implementation Islamic boarding school curriculum management in Indonesia. International Journal of Education Research and Development, 1(1), 1-15.

Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 20-37.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Ismiatun, S. R., Neliwati, N., & Ginting, B. S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.

Muttaqien, A., Syamsuddin, D., Mulyana, A., Kholik, A., & Aziz, I. A. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Maharah Qiraah di MTS Al-Amanah Bogor. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 2(03), 143-151.

Noviani, D., & Nazir, M. (2023). Pendidikan Islam Di Thailand Dan Indonesia (Analisis Perbandingan Kurikulum dan Pendanaan Pendidikan). Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 51-70

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Syaputra, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 208-224.

Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14-32.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).

Zetha, A. N., Triwoelandari, R., & Asmahasanah, S. (2018, July). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Nida Suksa Thailand Selatan. In Annual Conference on Madrasah Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 128-135).

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Fudhlah, I. N., Helmia Tasti Adri, & Didin Syamsudin. (2024). Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar di Maitreechit Wittayathan School Thailand. Karimah Tauhid, 3(2), 1335–1348. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11825
Abstract viewed = 23 times