MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DENGAN PENGGUNAAN MEDIA POHON LITERASI

Main Article Content

Iklima Nurul Fudhlah
Rafika Haerani
Resti Yektyastuti

Abstract

Minat baca di indonesia masih rendah terutama untuk anak sekolah dasar sehingga harus mempunyai strategi agar minat siswa dapat meningkat. Strategi yang digunakan harus dapat meningkatkan minat baca siswa baik menggunakan media belajar atau yang lainnya. Pohon literasi merupakan salah satu media belajar yang dapat meningkatkan minat membaca siswa. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan minat baca siswa. Metode yang digunakan yaitu kualitatif,kualitatif adalah proses pengumpulan data secara wajar untuk tujuan memahami dan menganalisis kejadian. Prosedur statistik atau teknik pengukuran kuantitatif lainnya tidak digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian kualitatif. Hasil dari penggunaan media pohon literasi yang dilakukan oleh mahasiswa kampus mengajar di SD Negeri Ciomas 03 dan SD Taman Siswa berpengaruh pada minat baca siswa sehingga setelah adanya pohon literasi dapat meningkatkan minat baca siswa karena mereka yang awalnya tertarik kemudian mencobanya dan menjadi kebiasaan.Siswa sering membaca diwaktu istirahat siswa sangat berantusias untuk mengisi kertas yang berwarna itu sehingga pohon literasi kami menjadi rindang. penggunaan media pembelajaran yang menarik yaitu salah satunya pohon literasi dapat meningkatkan minat baca siswa dengan sesuatu yang berwana dan unik siswa cendrung penasaran dan membuat siswa mencobanya kemudian siswa melakukannya dengan secara berulang sehingga dapat meningkatkan minat baca siswa

Article Details

How to Cite
Fudhlah, I. N., Haerani, R. ., & Resti Yektyastuti. (2023). MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DENGAN PENGGUNAAN MEDIA POHON LITERASI . KARIMAH TAUHID, 2(5), 1467-`1477. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9573
Section
Articles

References

Amaliyah, S. (2021). Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1766-1770.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 994-1003.

Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82-86.

Hadi, S. (2020). Model pengembangan mutu di lembaga pendidikan. PENSA, 2(3), 321-347.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.

Ismail, A., Jumrah, A. M., & Nurdiansyah, E. (2022). Implementasi Pendidikan Saintifik dalam Meningkatkan Budaya Literasi Selama Program Kampus Mengajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1324-1329.

Niantari, H. K. (2022, July). Pohon Literasi Tingkatkan Minat Baca dan Antusiasme Peserta Didik Kelas 1 Tingkat Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 2, No. 1, pp. 364-370).

Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(1).

Putro, A. H., & Sa’diyah, H. (2022). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 72-79.

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514-3525.

Septiyani, W., & Yektyastuti, R. (2023). Pengembangan Media Miko Pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Sejarah Pahlawan Di Kelas IV. IV. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 1(1), 37-47.

Sukatin, E. R. Z., Tasifah, S., Triyanti, N., Auliah, D., Laila, I., & Patimah, S. (2020). Pendidikan anak dalam Islam. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 185-205.

Yektyastuti, R., Ramdani, M. R., Gunadi, G., Mawardani, A., & Nurohmah, R. (2023). Post-Pandemic Covid-19 Analysis: The Effect of Distance Learning Toward Learning Loss in Primary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2).