Metode Total Physical Response (TPR) Method dan Parcitipatory Approaches dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14184Keywords:
Bahasa Inggris, TPR, PembelajaranAbstract
Penelitian mempunyai tujuan untuk mengetahui Metode Total Physical Response (TPR) Method dan Parcitipatory Approaches dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kajian pustaka. Pembahasan dalam pembelajaran Total Physical Response (TPR) menggunakan gerakan fisik untuk meningkatkan pemahaman siswa, sedangkan Parcitipatory Approaches mendorong partisipasi aktif. Metode Total Physical Response (TPR) dan Participatory Approaches merupakan metode pembelajaran bahasa inggris yang efektif. Kedua metode ini memerlukan persiapan yang matang dan keterampilan pengelolaan kelas, namun keduanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan keterampilan bahasa Inggris.
References
Alwadi, H., Mohamed, N., & Wilson, A. (2020). pendekatan pembelajaran partisipatif untuk memperkuat dan mempertahankan pengajaran dan kepemimpinan bahasa Inggris. Jurnal Internasional Untuk Studi Pembelajaran Dan Pembelajaran, 9, 333–349.
Aprillia, Nadila, Ngatmini, Ngatmini, & Arifin, Zainal. (2023). Penerapan Metode Partisipatori dalam Pembelajaran Menganalisis Nilai Moral Puisi “Baju Bulan” Karya Joko Pinurbo pada Peserta Didik Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Comal Pemalang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Sasindo, 11(1), 171–177. https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16070
Astutik, Yuli, & Aulina, Choirun Nisak. (2018). Metode Total Physical Response (Tpr) Pada Pengajaran Bahasa Inggris Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 200. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i2.9658
Dewi Masitoh, Maria. (2015). Penggunaan Metode Tpr (Total Physical Response) Sebagai Upayameningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sdn Samirono Yogyakarta. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 0(1), 1–9.
Edo, Fatima claudian, Noge, Maria Desidaria, & Awe, Ermelinda Yosefa. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Direct Method Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(2), 1040–1051. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i2.1030
Harahap, Sri Wilda, & Panjaitan, Berkat. (2021). Komparasi Metode Blended Learning Dengan Metode Tpr Dalam Keefektifannya Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Pada Materi Vocabulary Bahasa Inggris. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), 83–89. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2265
Hidayah, Nuriyatul. (2017). TPR (Totally Physical Response) Sebagai Metode Yang Efektif Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Bagi Anak-Anak. Pembelajaran Bahasa, Sastra Dan Budaya Arab, 53–63.
Indah, Chindy Hanggara Rosa, & Bangun, Wilyantih Agustina. (2023). TPR Method to Improve Student ’ s Speaking Skills TK Kartika IV 77 Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 103–108.
Könings, K., Brand-Gruwel, S., & Merriënboer, J. (2010). Sebuah pendekatan terhadap desain pembelajaran partisipatif di pendidikan menengah: sebuah studi eksplorasi. Penelitian Pendidikan. Penelitian Pendidikan, 52(45–59).
Makrifah, I. A., Rofi’ah, S. & Widiarini, W. (. (2020). Pelatihan Berbahasa Inggris bagi Ibu-ibu PKK Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro Blitar sebagai Strategi Pendampingan Anak Berbahasa Inggris Sejak Dini Istina. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(2), 130–134.
Mukti Penny. (2014). Metode TPR. Retrieved from http://gapika.wordpress.com/2008/01/12/tprtotally-physical-response-metode-pembelajaran-bahasa-yang-cukup-efektifuntuk-peserta-didik
Nuraeni, Cicih. (2019). Using Total Physical Response (TPR) Method on Young Learners English Language Teaching. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 3(1), 26. https://doi.org/10.31002/metathesis.v3i1.1223
Pertiwi, Ayu Bella, Rahmawati, Anayanti, & Hafidah, Ruli. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037
Sariyati, Ice. (2011). Efektivitas Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar Ice. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, (2003), 38–49.
Sayd, Anastasia Imelda, Attubel, Maymunah, & Nazarudin, Hamzah. (2018). Implementasi Metode TTR dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupang. Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(1), 17–24.
Sulasih, Sulasih. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Multimedia. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(4), 200. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1441
Susanti, Susi, Fauziah, Desna, Novendri, Trio, & Dari, Wulan. (2023). Pelatihan Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris untuk Anak-anak Dengan Metode Total Physical Response (TPR). BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 205–216. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i3.1078
Sya, Mega Febriani, Adri, Helmia Tasti, Kholik, Abdul, Sudjani, Deski Halim, Latifah, Zahra Khusnul, & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152
Sya, Mega Febriani, Anoegrajekti, Novi, Dewanti, Ratna, & Isnawan, Bambang, Heri. (2022). Menggali Nilai Pendidikan Indo-Harry Potter untuk Merancang Pembelajaran Bahasa Asing. Jurnal Internasional Pembelajaran, Pengajaran Dan Penelitian Pendidikan, 21(10), 341–361.
Sya, Mega Febriani, & Helmanto, Fachri. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Sya, Mega Febriani, & Helmanto, Fachri. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aurellia Septiara Az Zahra, Danis Anindita Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.