The Grammar Translation Method dan The Direct Method dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Main Article Content

Aurellia Septiara Az Zahra

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui The Grammar Translation Method dan The Direct Method dalam pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Metode ini memakai metode litelatur dan kajian pustaka.  Dalam pembahsan pembelajaran The Grammar Translation Method merupakan salah satu metode pengajaran dalam pengajaran Bahasa, untuk pembelajaran The Direct Method strategi pengajaran yang mengharuskan guru untuk memberikan data dasar, menggambarkan keterampilan yang diajarkan, dan kemudian memberikan waktu kepada siswa untuk mengasah keterampilan. Pembelajaran bahasa diketahui dengan bertujuan, bahasa yang diajarkan oleh peserta didik, menumbuhkan kegiatan belajar siswa.


 

Article Details

How to Cite
Zahra, A. S. A. . (2024). The Grammar Translation Method dan The Direct Method dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(5), 5775–5786. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13222
Section
Articles

References

Alek. (2014). Perspektif baru pengajaran bahasa Inggris melalui direct method. Lentera Pendidikan, 17, 153–166.

Ambarwati, N. K., Wiryasaputra, R., & Puspasari, S. (2017). Pembangunan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Berbasis Android. Jurnal ULTIMATICS, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.31937/ti.v8i2.516

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–12.

byslina maduwu, S. P. (2016). pentingnya pembelajaran bahasa inggris di sekolah. Jurnal Warta Edisi:50, 66(1829–7463), 37–39.

Edo, F. claudian, Noge, M. D., & Awe, E. Y. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Direct Method Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(2), 1040–1051. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i2.1030

Febriyanti, R. H. (2017). Penggunaan Metode Communicative Language Teaching Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Pada Guru Tutor Di Bimbingan Belajar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 319–328.

Febriyanti, R. H., Hadi, I., & Saputri, N. L. (2018). Penerapan Penggunaan Eclectic Method dalam Pengajaran Bahasa Inggris pada Guru SDIT dan SMPIT. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 659–667.

Hakim, M. L. (2017). Model Pembelajaran langsung Model Pembelajaran langsung. Edudeena.

Lestari, A. (2019). PENGGUNAAN METODE GRAMMAR TRANSLATION ( GTM ) DALAM. Tefla Journal, 2(2654–5152), 1–5.

Meylina, M., & Christy Jufri, A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Audio- Lingual Method. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.366

Muliadi, M. (2022). Penerapan Grammar Translation Method (Gtm) Dalam Meningkatkan Writing Skill (Ws) Dan Self-Development (Sd) Siswa Madrasah Aliyah (Ma) Nw Mengkuru. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 97–101. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.178

Murti, prayanggita tyara. (2018). PENERAPAN PROGRAM LITERASI BERBASIS GRAMMAR TRANSLATION METHOD (GTM) DI KELAS V SD NEGERI GEMOLONG 1 Disusun, 1(1), iii–vii. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jns.2018.09.022%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ejphar.2009.04.058%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.brainres.2015.10.001%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=2854659&tool=pmcentrez&rendertype=abstract%0Ahttp://w

Simorangkir, I. M., & Passandaran, Y. M. (2017). Penggunaan Audio-Lingual Method dalam Pelatihan Bahasa Inggris pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Yayasan MahaSimorangkir, Imelda M, and Yosi M Passandaran. 2017. “Penggunaan Audio-Lingual Method Dalam Pelatihan Bahasa Inggris Pada Siswa Tingkat Sekolah , 8(2), 174–183. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Sya, mega febriani. (2020). Menumbuhkan minat baca dan belajar anak melalui teras ilmu: berbasis pendidikan karakter tauhid. Jurnal Pendidikan Pada Masyarakat, 1(september 2016), 29–42.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348