Implementasi Metode Grammar Translation dan AudioLingual dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Main Article Content

Danis Anindita Putri
Shofwa Nursiniah

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan Metode Grammar Translation (GT) dan Metode AudioLingual (ALM) dalam pembelajaran Bahasa Inggris. GT menitikberatkan pada pemahaman struktur dan makna melalui terjemahan dan latihan yang terfokus, sementara ALM fokus pada latihan berulang dan pola bahasa melalui pendekatan auditif.


 


Hasil studi menunjukkan bahwa kedua metode memiliki kelebihan dan kekurangan. GT efektif dalam memperkuat pemahaman terhadap struktur bahasa dan kosa kata, sementara ALM lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan. Namun, gaya belajar siswa dan konteks pembelajaran juga memengaruhi keberhasilan metode tersebut.


 


Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa menggabungkan elemen-elemen dari kedua metode dapat meningkatkan pengajaran Bahasa Inggris secara menyeluruh. Pendekatan inklusif ini dapat menyesuaikan berbagai gaya belajar siswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Implikasi praktis dari penelitian ini mendukung fleksibilitas dalam pengajaran bahasa dengan Menggunakan beragam metode yang tersedia untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Putri, D. A. ., & Nursiniah, S. (2024). Implementasi Metode Grammar Translation dan AudioLingual dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(5), 5833–5844. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13227
Section
Articles

References

Abrar, A. E. Y., & Thamrin, S. W. (2020). Improving Students’ Ability To Identify Parts of Speech Through Grammar Translation Method. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 319. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i11.

Az-Zahrah, R. T. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Audio-Lingual terhadap Kemampuan Menyimak pada Siswa. Journal of Learning and Instructional Studies, 3(2), 93–103.

Budihastuti, E. (2016). Metode Audio-Lingual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Regional Polytechnic Institue Techo Sen Takeo Kamboja. Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 43–54.

Diane Larsen-Freeman and Marti Anderson. (n.d.). Techniques-Principles-Language-Teaching.

Fatah, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Dan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris (Survei Pada SMK Swasta Di Kota Tangerang). INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 1(1), 1–13. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3811

Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pembelajaran bahasa inggris melalui media game pada panti asuhan al maun di desa ngajum. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 1725–1739. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/235

Fuadah, A. (2023). Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII. Journal of Education Research, 4(3), 362–371. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/167%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/167/145

Jarvis, S. (2004). An Introduction to Applied Linguistics: Norbert Schmitt (ed.). International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 7(4), 320–323.

Maherani, A. A., Salam, R., Faisal, M., & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(2), 64–76. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. Экономика Региона, 32.

Natsir, M., & Sanjaya, D. (2014). Grammar Translation Method (GTM) Versus Communicative Language Teaching (CLT); A Review of Literature. International Journal of Education and Literacy Studies, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.2n.1p.58

Oktaviani, I., Fitriani, D., & Kusumajati, W. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Metode Audio Lingual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 10, no. 2, 231–236. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/806

Rahman, M. S., Herman, H., Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method Pada Mahasiswa Anggota Language Club Stai Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.

Ramdhan, V. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi Bahasa Inggris. Deiksis, 9(02), 240. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1299

Santika, D. A. D. M., Agung, I. G. M., & Triana, K. L. (2021). A Grammatical Error Analysis on The Translation of Fourth Semester Students of Faculty of Foreign Languages Mahasaraswati Denpasar University. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA) 2021, 1974, 74–80. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/semnalisa/article/view/2337

Sholeh, M., & Jamil, K. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa SMP Kelas 2. Journal of Education Research, 4(3), 1241–1250. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.312

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Wangsa, A. N., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 5(5), 1347–1358. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3881