Mensinergikan Community Languange Learning (CLL) dan Total Physical Response (TPR)

Authors

  • Shofwa Nursiniah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14177

Keywords:

Community Languange learning, Community Languange learning, Total Physical Response

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi integrasi metode Community Language Learning (CLL) dan Total Physical Response (TPR) sebagai pendekatan sinergis dalam pembelajaran bahasa asing. Metode riset yang digunakan adalah Classroom Action Research yang melibatkan dua tahapan, yaitu Observasi dan Kajian Literatur. Observasi mencatat interaksi antara pengajar dan mahasiswa, metode pengajaran yang diterapkan, dan respon mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Metode Community Languange Learning, yang menitikberatkan pada dinamika kelompok dan keterlibatan emosional, mendorong kolaborasi serta meningkatkan kepercayaan diri peserta didik melalui interaksi yang mendukung dalam kelompok. Di sisi lain, metode Total Physical Response mengkombinasikan gerakan fisik dengan penggunaan bahasa verbal untuk memperkuat pemahaman dan ingatan melalui aktivitas fisik yang menyeluruh. Penelitian ini membahas kelebihan dan tantangan penerapan gabungan kedua metode tersebut dalam konteks pengajaran bahasa, dengan fokus pada peningkatan keterampilan komunikasi lisan dan pemahaman konteks budaya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara CLL dan TPR mampu menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan efektif, di mana peserta didik tidak hanya memperoleh keterampilan bahasa yang lebih baik, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kognitif melalui pendekatan yang holistik dan interaktif.

References

Dariyanto, D., Farhana, H., Gumala, Y., & Syaodih, E. (2022). Analysis of The English Learning Process in Islamic Elementary Boarding Schools. Jurnal Basicedu, 6(1), 925–932. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2053

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619

Fahmi, A. N., Pendidikan, P. T., Negeri, U., Maret, S., Videoscribe, S., Info, A., & Videoscribe, S. (2020). edagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 2, 17(03), 229–238.

Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2019). Metode TPR (Total Physical Response) dalam pembelajaran Bahasa Inggris anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019: Reorientasi Profesional Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0, 393–399.

Hanewald, R. (2016). The Impact of English on Educational Policies and Practices in Malaysia. Language Policy(Netherlands), 11(4), 181–198. https://doi.org/10.1007/978-3-319-22464-0_8

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Kartini, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Kartini, Sujarwo Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia The Use Of Plastisin Media In Improving Children Creativity, (2), 199–208.

Kurnia Destyawati, I., & Suhartono, L. (2011). the Effectiveness of Tprs To Teach Reading Comprehension of Narrative Texts To Year-8 Students, 1–8.

Larsen-Freeman, D. (2023). Complex dynamic systems theory: A webinar with Diane Larsen-Freeman. Language Teaching, 56(3), 402–419. https://doi.org/10.1017/S0261444822000362

Mulyanah, E., Ishak, & Firdaus, I. (2018). Issn 2540-9093 Penerapan Metode Total Physical Response ( Tpr ) Dalam Penguasaan Kosa Kata. Jpsd, 4(2), 176–177.

No, N., Kain, J., & Pematang, S. (2022). Jurnal abdimas maduma. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 14–20.

Paramudia, P., Amansyah, F., & Asima, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Community Language Learning (Cll) Terhadap Efektifitas Penggunaaan Bahasa Inggris Lisan Pada Mata …. Seminar Nasional Hasil …, (Cll), 278–282. Retrieved from http://118.98.121.208/index.php/snp2m/article/download/2365/2077

Priyadi, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Community Language Learning (CLL) pada Pelajaran Bahasa Inggris Materi Pokok Let’s Visit Seattle pada Siswa Kelas XII RPL 2 SMK Negeri 1 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(3), 422–427. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i3.504

Regita Nazwa Sahara, O., Gina Sonia, N., Ajijaya Sampurna, N., Tarbiyah, F., Studi Pendidikan Agama Islam, P., & Riyadhul Jannah Subang, S. (2024). bajangjournal.com/index.php/Joel Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Ssekolah Dasar. Online) Journal of Educational and Language Research, 3(6), 2807–2937. Retrieved from http://bajangjournal.com/index.php/JOEL

Ristian, D. E. P., Cindyaisya, S., Sayyidinaa, I., Jati, C. K., Fatdilah, A. N., & Ningsih, N. A. (2023). Implementasi Metode Community Language Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Peserta Didik Sdn. 5th Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang, (3), 579–589.

Sariyati, I. (2011). Sariyati. I (2017), (2003), 38–49.

Satri Adnyani, N. W. (2019). Metode Total Physical Response (Tpr) Untuk Pengembangan Kemampuan Mendengarkan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 28–36. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.735

Sayd, A. I., Attubel, M., & Nazarudin, H. (2018). Implementasi Metode TTR dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak-anak Sekolah Dasar Inpres Liliba Kupang. Jurnal Bisnis & Manajemen, 3(1), 17–24.

Sulasih, S. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Multimedia. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(4), 200. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1441

Surya, S., Horowitz, J. F., Goldenberg, N., Sakharova, A., Harber, M., Cornford, A. S., … Barkan, A. L. (2009). The pattern of growth hormone delivery to peripheral tissues determines insulin-like growth factor-1 and lipolytic responses in obese subjects. Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, 94(8), 2828–2834. https://doi.org/10.1210/jc.2009-0638

Sya, M. F., Adri, H. T., Kholik, A., Sudjani, D. H., Latifah, Z. K., & Uslan. (2021). Indonesian Learning: Towards the Academic Achievement of Communicative Competence. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 183–189. https://doi.org/10.30997/ijsr.v3i3.152

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibn Khaldun INternational Journal of Economic,Community Empowerment and Sustainability, 1(1), 29–36.

Published

2024-07-22

How to Cite

Nursiniah, S. (2024). Mensinergikan Community Languange Learning (CLL) dan Total Physical Response (TPR). Karimah Tauhid, 3(7). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14177
Abstract viewed = 0 times