Kreativitas Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Berbagai Metode Pengajaran

Main Article Content

Shofwa Nursiniah
Danis Anindita Putri

Abstract

Kemahiran dalam berbahasa Inggris menjadi semakin krusial di era digital seperti sekarang. Metode riset yang digunakan adalah Classroom Action Research yang melibatkan dua tahapan, yaitu Observasi dan Kajian Literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan dan tingkat kreativitas mahasiswa dalam mempelajari metode pengajaran Grammar Translation Method, Direct Method, dan Audio Lingual di Semester IV Universitas Djuanda Bogor. Subyek penelitian terdiri dari 19 mahasiswa angkatan 22 Program Studi PGSD. Observasi mencatat interaksi antara pengajar dan mahasiswa, metode pengajaran yang diterapkan, dan respon mahasiswa terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas dan inovasi mahasiswa serta pemahaman yang lebih baik terhadap berbagai metode pembelajaran. Partisipasi aktif mahasiswa terhadap proses belajar dan pengajaran di kelas juga ditemukan dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Nursiniah, S., & Putri, D. A. . (2024). Kreativitas Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Berbagai Metode Pengajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5845–5860. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13237
Section
Articles

References

Abrar, A. E. Y., & Thamrin, S. W. (2020). Improving Students’ Ability To Identify Parts of Speech Through Grammar Translation Method. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2), 319. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i11.

Anisa, & Febriani Sya, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 352–356. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7819%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7819/3512

Az-Zahrah, R. T. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Audio-Lingual terhadap Kemampuan Menyimak pada Siswa. Journal of Learning and Instructional Studies, 3(2), 93–103.

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 1–12.

Basid, A., Kamil, H. I., & Innah, M. (2021). Struktur Kalimat pada Film Knives Out Berdasarkan Perspektif Tata Bahasa Kasus Charles J. Fillmore. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(3), 301–320. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.209

Cara, D., Nyaring, M., & Nursiniah, S. (2024). Kesulitan Membaca Kosa Kata Dalam Teks Bacaan Bahasa Inggris. 3, 762–770.

Fatah, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Dan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris (Survei Pada SMK Swasta Di Kota Tangerang). INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 1(1), 1–13. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3811

Fuadah, A. (2023). Implementasi Metode Audio Lingual dalam Peningkatkan Kemampuan Pronunciaton Siswa Kelas VIII. Journal of Education Research, 4(3), 362–371. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/167%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/167/145

Hari, D., Ningsih, F., & Mujianto, G. (2021). Dengan Metode Audio Lingual Untuk. 6(November), 105–116.

Lukito, J. (2022). Pengembangan Strategi Pembelajaran Menggunakan Metode Audio-Lingual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Bahasa Arab. 6, 12356–12363.

Maherani, A. A., Salam, R., Faisal, M., & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(2), 64–76. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Oktaviani, I., Fitriani, D., & Kusumajati, W. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Metode Audio Lingual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 10, no. 2, 231–236. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/806

Rachmawati, R. (2017). Aspek Linguistik Dan Keberterimaan Dalam Penerjemahan. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 91. https://doi.org/10.31503/madah.v5i1.527

Rahman, M. S., Herman, H., Iqbal, M., & Renaldi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Simple Present Tense Menggunakan Teknik Pengajaran Bahasa Inggris Grammar Translation Method Pada Mahasiswa Anggota Language Club Stai Rakha Amuntai. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 123–128.

Ramdhan, V. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa terhadap Pemahaman Membaca Teks Narasi Bahasa Inggris. Deiksis, 9(02), 240. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1299

Santika, D. A. D. M., Agung, I. G. M., & Triana, K. L. (2021). A Grammatical Error Analysis on The Translation of Fourth Semester Students of Faculty of Foreign Languages Mahasaraswati Denpasar University. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA) 2021, 1974, 74–80. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/semnalisa/article/view/2337

Sholeh, M., & Jamil, K. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa SMP Kelas 2. Journal of Education Research, 4(3), 1241–1250. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.312

Sujefri, A., Irnaini Al Badri, H. R., Arifah, Z., & Basid, A. (2022). Analisis Sintaksis Kesalahan Penerjemahan Teks Bahasa Indonesia Ke Bahasa Arab Melalui Google Translate. Al-Muyassar: Journal of Arabic Education, 1(2), 167. https://doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6476

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Wangsa, A. N., Ruswan, A., & Nurmahanani, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 5(5), 1347–1358. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i5.3881