MODEL INTRUKSIONAL BERBASIS PENDIDIKAN INFORMATION AND COMMUNICATION TEKNOLOGI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami model intruksional berbasis pendidikan Information and Communication Teknologi (ICT) pada siswa sekolah dasar. Diharapkan semua sekolah dasar dan guru dapat memahami dan membuat perencanaan pembelajaran dengan pendidikan berbasis ICT yang bertujuan agar siswa sekolah dasar mempunyai keterampilan menggunakan teknologi. Pendidikan Information and Communication Teknologi (ICT) adalah pembelajaran mengenai penguasaan teknologi yang bertujuan untuk membantu melakukan kegiatan seperti pemrosesan, manupulasi, pengelolaan dan pemindahan informasi yang baik dan tepat guna. Pada abad ke-21, teknlogi yang semakin maju menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan sehingga diharapkan setiap sekolah mampu memberikan pembelajaran ICT terhadap peserta didik terutama dari sejak usia sekolah dasar. Karena pada dasarnya sekolah yang baik ialah sekolah yang mampu membantu peserta didiknya untuk meraih masa depan yang di inginkannya. Oleh sebab itu, penelitian ini akan mengkaji peranan pendidikan ICT yang membantu siswa sekolah dasar memiliki keterampilan penguasaan teknologi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciawi 02 Bogor. Data yang diambil dan dikaji menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Hasil akhir pengamatan ini menggambarkan betapa pentingnya pembelajaran ICT diterapkan disekolah dasar kelas tinggi yang membantu dan memudahkan siswa dalam belajar dan pembelajaran. Dari hasil penelitian ini terdapat kesimpulan bahwa pembelajaran ICT sangat diperlukan untuk siswa sekolah dasar kelas tinggi untuk melatih keterampilan teknologi siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–284.
Giarti, S. (2016). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Berbasis Ict. Satya Widya, 32(2), 117. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p117-126
Hafizatul, K. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional, 43.
Hamdanah, & Hasanuddin, I. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT (Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa) (Vol. 7, Issue 2).
Hazal Fitri. (2015). Manajemen Pelaksanaan Pembelajaran Ict Di Sd Negeri 46 Kota Banda Aceh. Visipena Journal, 7(2), 184–195. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.332
Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Octavia Rahmawati, N., Febrianisya, M., & Kurniasari, D. (2022). Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pecahan Campuran Siswa Kelas Tinggi Di Masa Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 147–156. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6296
Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 99. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.99-108
Oktaviani, R., Iqbal, M., Suherman, I., & Sya, M. F. (2023). Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6623
Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. 23–34.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Suciptiati, E., Bisri, H., & Sya, M. F. (2019). Increasing Participation and Results of Ips Learning. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 27.