Implementasi Komunikasi Bencana oleh BPBD Kota Bogor dalam Mitigasi Bencana Banjir

Main Article Content

Daffa Aulia Hasan
Faisal Akbar
Francisco Cannafaro
Naufal Yusa
Raihan Fadhilah Santoso
Nadia Amalia

Abstract

Bogor dijuluki sebagai kota hujan, karena memiliki ntensitas hujan yang cukup tinggi. Dengan intensitas hujan yang tinggi di Kota Bogor memilki kerawanan bencana salah satunya banjir. Berdasarkan data yang dilaporkan BPBD terdapat total ada 331 rumah yang terendam oleh banjir lintasan per November 2023. Dampak yang ditimbulkan akibat banjir cukup beragam. Mengetahui  banyaknya risiko akibat banjir, oleh karena itu perlu adanya tata kelola risiko yang melibatkan aktor-aktor komunikasi sebagai upaya mitigasi, Komunikasi bencana pada dasarnya adalah upaya untuk pencegahan dan pengurangan risiko bencanaa. Oleh karena itu masyarakat perlu mendapatkan informasi mengenai bencana, sehingga masyarakat bisa meminimalisir risiko akibat bencana banjir dan ini sebagai bentuk upaya mitigasi bencana. Dalam proses komunikasi bencana dalam mitigasi bencana banjir sebagai upaya mitigasi bencana, yaitu melakukan upaya baik soft power ataupun hard power untuk meminimalisir risiko akibat bencana. Tujuan dari penenelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi komunikasi bencana oleh BPBD Kota Bogor. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Model komunikasi yang digunakan yaitu informasi/komunikasi bencana, stakeholder yang melibatkan masyarakat, instansi pemerintah/swasta, dan media. Hasilnya BPBD Kota Bogor telah mengimplementasikan Komunikasi Bencana sebagai upaya mitigasi bencana banjir.

Article Details

How to Cite
Hasan, D. A. ., Akbar, F. ., Cannafaro, F. ., Yusa, N. ., Santoso, R. F. ., & Amalia, N. (2024). Implementasi Komunikasi Bencana oleh BPBD Kota Bogor dalam Mitigasi Bencana Banjir. Karimah Tauhid, 3(2), 1642–1651. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11880
Section
Articles

References

Cresswell, J.W. (2015). Penelitian Kualitatif & Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eka Putri, C., & Radja Erland Hamzah, dan. (2021). APLIKASI PEDULILINDUNGI MITIGASI BENCANA COVID-19 DI INDONESIA. 4(1), 66.

Kurniawati, D. (2020). Komunikasi Mitigasi Bencana sebagai Kewaspadaan Masyarakat Menghadapi Bencana. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 51–58. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.3494

Nurdin, R. (2015). Komunikasi dalam Penanggulangan Bencana. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 1(1).

Suherman, A. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI BENCANA PADA MASYARAKAT KABUPATEN BUTON SELATAN. MEDIALOG: Jurnal Kajian Komunikasi, I, 10–18.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.