Susu Sebagai Pilihan Utama: Manfaat Kesehatan dan Tips Konsumsi yang Bijak

Authors

  • Sahila Aulia Putri Universitas Djuanda
  • Raden Siti Nurlaela Universitas Djuanda
  • Mugi Tyas Mandira Universitas Djuanda
  • Fadhila Nurul Azmi Universitas Djuanda
  • Aulia Dinda Wahyuni Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12349

Keywords:

Susu, Kesehatan, Konsumsi

Abstract

Susu Indonesia merupakan salah satu produk peternakan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat. Susu mengandung nutrisi yang lengkap dan sangat bermanfaat bagi semua kalangan usia. Penelitian ini meningkat dari tahun ke negeri yang menjadikan susu yang sangat. Untuk meningkatkan konsumsi susu di masyarakat Indonesia melibatkan perubahan persepsi dan kebiasaan. Budaya minum susu yang ditanamkan sejak usia anak-anak dapat menjadi kunci untuk meningkatkan jumlah konsumsi susu. Tips konsumsi yang Bijaksana adalah mengintegrasikan susu ke dalam pola makan seimbang menjadi kunci untuk memaksimalkan manfaat kesehatan. Selain itu, memahami preferensi masyarakat, mengatasi alergi susu dengan bijak, dan memadukan inovasi terkini dalam produk susu dapat memperkaya pengalaman konsumsi. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat lebih menyadari pentingnya mengonsumsi susu sebagai bagian dari pola makan seimbang untuk mencapai kesehatan optimal.

References

Achroni, Daud., (2013). Kiat khusus usaha Ternak sapi Perah Skala Kecil. Trans Idea Publishing. Jogjakarta.

Ahmad, I. & Hermiyeti. (2020). Analisis Produksi Dan Konsumsi Susu Di Indonesia (Analysis of Milk Production and Consumption in Indonesia). Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas. 413-419. Puslitbang Peternakan, Prosiding, 7

Aufa, M.R., Putranto, W. S., & Balia, R. L. (2020). Pengaruh Penambahan Konsentrasi Jus Jambu Biji Merah (Psidium guajava L.) terhadap Kadar Asam Laktat, Vitamin C, dan Akseptabilitas Set Yogurt. Jurnal Teknologi Hasil Peternakan, 1(1):8-16.

Azkiya, Saila & Ismawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Susu Anak Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah Fie Sabilil Muttaqien Tempurejo Kabupaten Ngawi. E-Journal Boga, 5(1), 118–123.

Chrisna, wulandari dewi, (2016). Identification of Perfectly Pasteurization Process by Total Microorganisms and Levels of Protein and Lactose Content in Pasteurized Milk Packed by Diary Industry and Home Industry in Batu City. Majalah Kesehatan FKUB, 3(3), pp.144–151.

Dwipangesti, Dinda Ayuvalira. (2014). Analisis Konsumsi Susu Pada Mahasiswa Indonesia dan Malaysia. SKRIPSI Fakultas Ekoloagi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Hasanuddin, (2017) PROFIL PROTEIN BERBASIS SDS – PAGE PADA SUSU SAPI DAN SUSU KAMBING ETAWA PASTEURISASI DAN MENDIDIH. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Machrus, Ahmad Fida. (2017). “Susu Hewan Ternak Dalam Al-Qur’an (Kajian Tematik).” UIN Walisongo Semarang.v

Prastiwi, W. D., & Setiyawan, H. (2016). Persepsi Konsumsi Susu Cair Masyarakat Di Daerah Perkotaan Dan Pedesaan (Perception Of Urban And Rural Communities In Consuming Fluid Milk). Agromedia, Vol 34 No I: 27–36.

Riawati, Christy. (2014). Kualitas Permen Jeli Dengan Variasi Jenis Kefir. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Soeparno. (2015). Properti dan Teknologi Produk Susu. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Suhailah, L., & Santoso, T. (2018). Analisa Cemaran Bakteri Coliform Pada Susu Sapi Murni dengan Variasi Lama Penyimpanan Dalam Suhu Freezer dan Suhu Kulkas di Desa Wilayut Sukodono Sidoarjo. Jurnal Sains, 8(5), 44–49.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Putri, S. A. ., Nurlaela, R. S. ., Mandira, M. T. ., Azmi, F. N. ., & Wahyuni, A. . D. . (2024). Susu Sebagai Pilihan Utama: Manfaat Kesehatan dan Tips Konsumsi yang Bijak. Karimah Tauhid, 3(3), 3025–3031. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12349
Abstract viewed = 43 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>