Perbandingan Profil Protein Daging Ayam dan Daging Tikus Menggunakan SDS-PAGE (Sodium Dodecyl Sulfate-Polyacrylamide Gel Electrophoresis)

Main Article Content

Salsabila
Lia Amalia
Raden Siti Nurlaela

Abstract

Pada umunya bahan baku dalam membuat bakso adalah daging sapi, namun bakso juga dapat dibuat dari hewan ternak lainnya seperti ayam pedaging (broiler). Karena harga daging ayam yang fluktuatif, beberapa produsen atau penjual mengganti dan mencampur daging ayam dengan daging tikus. Produksi makanan berbahan dasar daging memiliki kerentanan terhadap pemalsuan, khususnya pencampuran daging ayam dengan daging yang tidak halal seperti daging tikus.  Penggantian dan pencampuran daging ayam dengan daging tikus dapat merubah status kehalalan produk pangan menjadi haram untuk dikonsumsi. Teknik deteksi sangat penting untuk mengetahui keamanan dan kehalalan pangan sehingga dapat diidentifikasi berdasarkan berat molekul dan profil protein pada daging ayam dan daging tikus. Terdapat beberapa metode yang dikembangkan untuk mengetahui adanya kontaminasi kandungan bahan baku halal, tidak halal atau pemalsuan pada daging salah satunya menggunakan metode SDS-PAGE (Sodium Dodecyl-Sulfate Polyacrylamide Gel Electrophoresis). SDS-PAGE merupakan metode kualitatif untuk mengetahui berat molekul suatu protein. Hasil dari penelitian diperoleh pada profil protein daging ayam dan daging tikus memiliki kesamaan yaitu miosin, β-galactosidase, lysozyme, dan aprotinin.

Article Details

How to Cite
Salsabila, Amalia, L., & Nurlaela, R. S. . (2024). Perbandingan Profil Protein Daging Ayam dan Daging Tikus Menggunakan SDS-PAGE (Sodium Dodecyl Sulfate-Polyacrylamide Gel Electrophoresis). Karimah Tauhid, 3(5), 5248–5263. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13114
Section
Articles

References

Bonner P, Bonner PLR. 2007. Protein Purification. Taylor and Francis Group, London.

Cahyarini, RD. 2004. Identifikasi Keragaman Genetik Beberapa Varietas Lokal Kedelai di Jawa Berdasarkan Analisis Isozim [Tesis]. Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret.

Cavalli SV, Silva SV, Cimino C, Malcata FX, Priolo N. 2006. Hydrolysis of caprine and ovine milk proteins, brought about by aspartic peptidases from silybum marianum. J Plant Physiol, 1-7.

Harahap, L. 2012. Lima Kasus Pengolahan Daging Bakso yang Jadi Kontroversi. [diakses 17 Februari 2024]. https://www.merdeka.com/peristiwa/5-kasus-pengolahan-daging-bakso-yang-jadi-kontroversi.html

Hermanto S, Saputra FR, Zilhadia. 2014. Aplikasi Metode SDS-PAGE (Sodium Dodecyl Sulphate PolyAcrylamide Gel Electrophoresis) Untuk Mengidentifikasi Sumber Gelatin Pada Kapsul Keras. 1: 26-32.

Khoirunnisa, Y. 2018. Profil Protein Hasil Isolasi Daging Ayam, Daging Babi dan Olahannya dengan Metode Sodium Dodecyl Sulphate Polyacrylamide Gel Electrophoresis (SDS-PAGE) [Skripsi]. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Keseharan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Maknunah, Z. 2015. Karakterisasi profil protein gelatin komersial menggunakan SDS-PAGE (Sodium Dodecyl Sulfate-Polyacrylamide Gel Electrophorerisis) dan Analisis Kadar Protein Menggunakan Spektofotometer UV-VIS [Thesis]. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Malang.

Panil Z. 2007. Memahami Teori dan Praktik Biokimia Dasar Medis. EGC, Jakarta.

Rosyidi D, Susilo A, Muhbianto R. 2009. Pengaruh penambahan limbah undang fermentasi Apergillus Niger pada pakan terhadap kualitas fisik daging ayam broiler. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak, 4(1):1- 10.

Roswiem AP, Septian T. Identifikasi Formaldehida Dalam Tahu dan Mie Basah Pada Produk Pedagang Jajanan Di Sekitar Kampus Universitas YARSI Jakarta. Jurnal Kedokteran Yarsi 26 (3) : 112-118 (2018).

Wahniyathi, H dan HM Ali. 2005. Karakteristik protein daging dengan penambahan NaCl pada berbagai waktu aging post mortem dan hubungannya dengan mutu sensori sosis [Tesis]. Fakultas Peternakan, Universitas Hasanudin Makassar.

Widodo CS, Ni KS, I Nyoman S. 2015. Karakteristik Protein Daging Sapi Bali Dan Wagyu Setelah Direbus. Buletin Veteriner Udayana pISSN:2085-2495 Vol 7 No. 1:17-25.

Winedar HS, Listyawati S, Sutarno. 2006. Daya cerna protein pakan, kandungn protein daging, dan pertambahan berat badan ayam broiler 37 setelah pemberian pakan yang difermentasi dengan effective Microorganism-4 (EM-4). J. Bioteknologi. 3 (1): 14-19.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>